Mau Jadi Pengusaha? Cek Apakah Kamu Memiliki 9 Tanda ‘Jiwa’ Entrepreneur Sejati Berikut ini dan Dapatkan Ilmunya di LocalStartupFest!

Inspirasi

photo credit: MOBE

12.1K
Kamu bisa disebut memiliki ‘jiwa’ entrepreneur sejati jika memiliki 9 tanda berikut ini.

Zaman yang telah maju menuntut kita lebih kreatif menjawab tantangan. Tak hanya karena lapangan kerja semakin sempit, persaingan dengan tenaga asing pun kian menghimpit. Hal tersebut mau tak mau membuat anak muda sekarang memilih jalan yang berbeda dengan menjadi entrepreneur atau pengusaha ketimbang menjadi karyawan biasa. Dengan tenaga yang masih enerjik disertai passion yang tinggi, kini banyak dari mereka yang unjuk gigi mendirikan usaha kreatif.

Menjadi pengusaha sukses tentu dibutuhkan kerja keras, modal finansial, serta ketekunan yang ekstra. Ternyata, itu saja tidak cukup bila tidak diimbangi 'jiwa' entrepreneur yang melekat pada diri kita. Jiwa yang tangguh diyakini sebagai modal penting dalam menghadapi jatuh bangunnya keadaan.

Nah, bagi kamu yang ingin menjadi entrepreneur muda, kamu bisa melihat potensi dirimu sebelum memasuki dunia usaha. Banyak yang terjun ke dunia tersebut karena terpaksa, namun tak sedikit juga yang menjalani karena panggilan jiwa. Bagaimana kamu bisa mengetahui potensi terpendam dalam dirimu? Cek, apakah kamu memiliki 9 tanda 'jiwa' entrepreneur sejati berikut ini!


1. Suka berjualan

Photo Credit: Blogs for the IT Reseller

Seorang petarung ulung di dunia usaha pasti pandai menangkap peluang yang ada. Misalnya saat kamu tergabung dalam sebuah komunitas, kamu tahu apa yang harus kamu tawarkan pada mereka. Kamu sangat senang berjualan, kamu peka terhadap kesempatan. Kamu berhasil create the need sehingga menemukan pasar yang menjanjikan.


2. Berpikir kreatif

Photo Credit: How To Think Creatively

Coba ingat kembali masa kecilmu. Saat duduk di bangku SD, kamu mempunyai uang saku sejumlah 5000 rupiah seminggu. Anak yang tidak berjiwa entrepreneur akan membelanjakan uang saku untuk membeli jajanan atau mainan. Sementara itu, kamu cenderung berpikir beda. Dengan kreativitasmu, uang tersebut dibelanjakan untuk membeli kertas kado warna-warni lalu dikreasikan menjadi dompet-dompet lucu yang sempat hits pada masa dulu. Dengan bisnis kecil-kecilan tersebut kamu berhasil meraih keuntungan untuk mendapat uang saku tambahan atau bahkan masuk tabungan.


3. Tidak berfokus pada nilai akademis

Photo Credit: Columbia Daily Spectator

Prestasi memang perlu, tapi bagi seorang entrepreneur, keahlian tidak semata di bangku sekolah atau perkuliahan. Pengalaman di lapangan adalah guru untuk menghadapi tantangan. Kamu bisa saja tidak ahli dalam bidang pengetahuan alam, tapi kamu sangat mahir dalam hal hitungan. Seorang siswa yang memiliki jiwa entrepreneur tidak akan berkecil hati karena mendapatkan nilai jelek pada satu bidang studi, ia justru berfokus pada sesuatu yang diyakini sebagai ‘jalan hidup’ yang kelak dijalani.


4. Berjiwa pemimpin

Photo Credit: Early Child Training Center

Kembali lagi ke masa kecil, mungkin kamu masih ingat saat di bangku sekolah dasar atau menengah, kamu selalu ingin menjadi pemimpin dalam kelompok belajar atau kegiatan ekstrakulikuler. Kamu adalah pembuat keputusan bagi teman-temanmu, apapun yang kamu pikirkan, pasti 'diamini' banyak orang. Selain itu, kamu memiliki atensi lebih pada teman-teman yang membutuhkan.


5. Si pemberontak

Photo Credit: DeviantArt

Poin ke lima ini mungkin terdengar cukup ‘seram’, tapi diakui atau tidak, biasanya kamu merasa demikian. Kamu tidak suka pada aturan yang melekat, kamu cenderung berjiwa bebas. Ketika kamu bergabung pada sebuah perusahaan, kamu punya banyak ide untuk sebuah perubahan. Sayangnya, lingkungan cenderung salah paham dan menganggapmu pemberontak yang harus disingkirkan. Jika kamu ingin ide tersebut terealisasi, ada baiknya kamu segera mengundurkan diri dan mewujudkan harapanmu menjadi entrepreneur sejati.


6. Sering terintimidasi

Photo Credit: iStock

Karena banyak ide-ide ‘liar’ yang kamu kemukakan, tak jarang kamu merasa terintimidasi oleh lingkungan yang tak siap dengan perubahan. Tenang, jangan kendor semangat! Tunjukanlah pada mereka bahwa kamu mempunyai kemampuan serta kekuatan yang ‘haram’ diremehkan. Because being normal is boring, isn’t it?


7. Tidak mau jadi 'robot'

Photo Credit: Szamlazz

Robot yang dimaksudkan di sini adalah ketika kamu manut saja disuruh-suruh oleh atasan. Kamu tidak bersedia diperintah untuk mengerjakan hal tanpa disertai alasan yang jelas. Selain itu, hati nuranimu sering berontak pada segala keteraturan. Kamu mudah bosan, kamu ingin menciptakan hal-hal penuh kejutan dan selalau haus akan tantangan. Ya, karena kamu bukan karyawan biasa, kamu adalah calon pengusaha! Bahkan, seorang Bill Gates memutuskan drop out karena mudah bosan menjalani perkuliahan dan memilih mengembangkan Windows hingga meraih kesuksesan.


8. Selalu haus mempelajari hal baru

photo credit: AAT Comment
Seorang entrepreneur sejati ibarat musafir dahaga di padang gurun. Ia selalu ingin meneguk sebanyak-banyaknya air hingga puas untuk bekalnya meneruskan perjalanan. Seperti itulah kamu yang tak henti mempelajari hal-hal baru.

Kamu selalu butuh ilmu untuk mengembangkan usahamu dan memompa semangatmu. Nah, kabar baiknya, kamu bisa datang ke LocalStartUpFest di The Space Senayan City mulai tanggal 24 Februari hingga 26 Februari 2017 mendatang. Akan hadir banyak pembicara hebat yang dapat memuaskan hasrat kepomu dalam dunia bisnis anak muda. Sebut saja Hadi Wenas CEO MatahariMall.com, Natali Ardianto Co-Founder & CTO Tiket.com, Aulia Ersyah Marinto Chairman of idEA & CEO Blanja.com, Hendrik Tio CEO Bhinneka.com, Norman Sasono Co-Founder Bizzy.co.id, Shinta Dhanuwardoyo Founder BUBU.com, Denny Santoso Founder Digitalmarketer.id, Calvin Kizana CEO Picmix, Aulia Halimatussadiah CCO ZettaMedia dan masih banyak lagi lainnya. Mereka akan membagikan kiat-kiat sukses beserta perjalanan bisnisnya yang menarik untuk disimak dalam puluhan talkshow selama 3 hari ke depan. Tentu suatu hal yang menarik bisa mempelajari bisnis secara real langsung dari pakarnya, bukan?

Hal menarik lainnya, di LocalStartUpFest kamu bisa mengembangkan jaringan dan menambah kenalan dengan ratusan participant yang datang. Bukankah untuk menjadi entrepreneur sejati kamu harus mempunyai koneksi yang bisa diandalkan?

Dan bagi kamu yang masih belum siap tancap gas membuka usaha, jangan khawatir! Kamu tetap bisa hadir di LocalStartUpFest ini sebab akan ada lebih dari 50 exhibitor yang membuka ratusan kesempatan kerja di startup impianmu. Sangat menarik dan sayang banget untuk dilewatkan, ya! Kamu akan dapatkan paket combo berupa pengetahuan, pengalaman, inspirasi, jaringan, dan bahkan banyak promo secara gratisan!

Sayed Muhammad, penggagas Local.co.id menjamin bahwa LocalStartUpFest adalah festival startup teknologi yang sangat berbeda dengan event serupa sebab ia telah mengemas acara ini menjadi lebih lebih santai dan fokus pada pengunjung dari berbagai kalangan. Hanya dengan tiket masuk per hari seharga Rp 50.000 (presale) dan Rp 75.000 (on the spot) serta tiket terusan selama tiga hari seharga Rp 110.000 (presale) dan Rp 150.000 (on the spot) kamu bisa ikuti seluruh aktivitas yang ada di acara LocalStartupFest ini. Tak mau kehabisan? Pesan tiket presale-nya secara online di www.localstartupfest.id dari tanggal 13 Februari-23 Februari 2017. Untuk info lebih lanjut silakan klik di www.localstartupfest.id atau Instagram @LocalStartupFest.


9. Penuh obsesi

Poin terakhirnya, kamu adalah sosok yang penuh obsesi karena sulit melepaskan hal-hal yang telah kamu perjuangkan. Saat menghadapi kegagalan, kamu cenderung menganggapnya sebagai ujian, bukan batu penghalang untuk meraup kesuksesan. Kamu tidak akan mengizinkan orang asing untuk mematahkan keyakinanmu dalam membangun usaha. Kamu percaya, kegagalan adalah awal dari keberhasilan, pepatah usang itu tak pernah lekang dimakan zaman. Seperti yang telah dibuktikan oleh Howard Schultz saat membangun bisnis Starbucks, meskipun keluarganya menentang, keyakinannya tetap terbentang!

BACA JUGA


Melakukan Pekerjaan yang Kamu Butuhkan atau yang Kamu Inginkan?

Melakukan Pekerjaan yang Kamu Butuhkan atau yang Kamu Inginkan?

Lakukan pekerjaan yang membuatmu menjadi manusia yang lebih berguna untuk dirimu sendiri dan juga orang lain

Read more..

The best way to predict your future is to create it now. Sudahkah tanda-tanda itu ada padamu?


-

Penulis: Puput Palipuring Tyas


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Jadi Pengusaha? Cek Apakah Kamu Memiliki 9 Tanda ‘Jiwa’ Entrepreneur Sejati Berikut ini dan Dapatkan Ilmunya di LocalStartupFest!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Virala | @virala

Markasnya biang kreatif Indonesia