Kreatif: Kunci Sukses di Zaman Sekarang! Ini dia 3 Resep Meningkatkan Kreativitas Tanpa Batas

Industri Kreatif

photo credit: Barnsley College

446
“Hanya orang gila yang melakukan pekerjaan yang sama terus-menerus tetapi menginginkan hasil yang berbeda!”

Kreativitas menjadi panglima saat ini. ABG di Australia yang jago menilai games mendapatkan penghasilan puluhan ribu dolar per bulan. Seorang fotografer yang akun media sosialnya dibanjiri jutaan follower dibayar mahal sekali untuk per postingan fotonya. Pakar bikin kue di Bandung, mendapatkan pesanan kue tart dari para selebriti dunia. Jangan tanya penghasilannya. Anak-anak muda yang berbisnis startups dan booming menjadi OKB. Apa kesamaan mereka semua? Mereka semua kreatif. Motto mereka kira-kira seperti ini: kreatif atau kere?


Bagaimana menjadi orang yang kreatif agar tidak menjadi kere? Ada 3 “ber” penting dalam proses kreatif:

1. Berulang kali

photo credit: The Irish Times

Prinsip pertama, lurah bisa karena biasa:di banyak bidang kehidupan, kita menjadi pakar setelah melakukan hal yang sama berulang-ulang sebanyak 10 ribu jam. Jadi, jika kita latihan hal yang sama 3 jam sehari, maka dibutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk menjadi pakar di bidang itu. Dari sini timbul istilah yang dipakai di dunia penerbangan, yaitu ‘jam terbang’. Semakin tinggi jam terbang pilot semakin dipercaya dia untuk menerbangkan pesawat berbadan lebar.

Prinsip kedua, public proclaim:kita mengungkapkan niat kita kepada orang-orang di sekitar kita dimulai dari inner circle, yaitu keluarga kita. Semakin banyak orang yang kita beritahu, semakin besar pressure yang kita dapatkan, sehingga kita berusaha keras untuk mencapai hal itu, karena jika gagal, kita malu. Jadi ‘pengumuman’ itu bukan untuk gaya-gayaran, keren-kerenan, melainkan untuk mengontrol diri kita sendiri.

Prinsip ketiga, mengajar, maka saya bisa:dengan mengajarkan apa yang kita kuasai, kita akan semakin terasah. Pisau yang tidak pernah dipakai justru akan berkarat.

Prinsip keempat, written mission statement: secerdas-cerdasnya otak, masih kalah dengan catatan. Dengan menuliskan sasaran kita—semakin detail dan jelas semakin baik—semakin besar kemungkinan kita untuk mencapai sasaran kita.


2. Berbagai cara

photo credit: Barnsley College

Kita terbiasa memakai satu cara yang sama terus-menerus karena itulah yang diajarkan kepada kita. Di satu sisi, kita memang menjadi semakin terampil melakukannya. Namun, di sisi lain, kita menutup kemungkinan cara lain untuk mengerjakan hal yang sama yang bisa jadi lebih cepat, lebih efektif, dan lebih efisien dengan hasil yang lebih baik pula. Ketimbang berpikir bahwa kita bisa gagal pakai cara baru lebih baik berpikir bagaimana jika sukses dengan cara ini.

“Hanya orang gila yang melakukan pekerjaan yang sama terus-menerus tetapi menginginkan hasil yang berbeda!”


3. Berbicara

photo credit: smartercharger

Pertama, cari tahu talenta dan karunia kita. Artinya, setiap kita memiliki kecerdasan yang berbeda-beda satu sama lain. Ketimbang terpuruk merenungkan kelemahan kita, lebih baik bangkit dan melatih kelebihan kita. Tunjukkan bahwa kita mampu di bidang ini dan bukan mengatakan bahwa kita lemah di bidang itu.

Kedua, jangan dibatasi keterbatasan. Jangan biarkan kata ‘jangan-jangan’ menghantui kita seperti “Jangan-jangan saya gagal”, “Jangan-jangan saya ditertawakan”, “Jangan-jangan saya dihina.

Ketiga, perluas cara pandang dan cara pikir. Salah satu cara efektif untuk memperluas wawasan kita adalah bicara dengan sebanyak mungkin orang. Jika selama ini kamu yang lebih aktif bicara, coba kali ini jadilah pendengar yang baik. Sambil mendengarkan orang bicara, kita bisa menyerap kebijaksanaan orang itu sehingga kita bertambah bijak.

Saat kita membicarakan ide-ide kita kepada orang lain memang ada kemungkinan ide kita dibajak, namun kemungkinan besar kita malah mendapatkan masukan yang menyempurnakan ide-ide kita. Hal-hal yang tidak terpikirkan sebelumnya bisa muncul saat kita berbagi gagasan dengan orang lain.

BACA JUGA


Jemput Ide-Ide Kreatif dengan 5 Langkah Ampuh Anti Stuck Berikut Ini!

Jemput Ide-Ide Kreatif dengan 5 Langkah Ampuh Anti Stuck Berikut Ini!

Semakin luas wawasan kita maka semakin banyak ide yang bisa kita bentuk

Read more..

Yuk, latih tiga resep menjadi kreatif agar terbiasa mengembangkan diri setiap harinya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kreatif: Kunci Sukses di Zaman Sekarang! Ini dia 3 Resep Meningkatkan Kreativitas Tanpa Batas". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


XavierQuentin Pranata | @xavierquentinpranata

Silahkan login untuk memberi komentar