Kerja Produktif dan Efektif, Tiru 5 Budaya Kerja Orang Jepang Berikut Ini

Kerja

4.6K
Nah, bicara soal budaya kerja, Jepang merupakan salah satu negara yang terkenal dengan budaya kerjanya yang positif.

Budaya kerja memiliki peranan penting dalam kinerja para karyawan di suatu perusahaan mau pun startup. Selain bagi perusahaan terkait, budaya kerja juga memiliki dampak yang besar pada etos kerja karyawan. Jika budaya kerja di suatu perusahaan bersifat menarik dan positif, karakter karyawan terutama para fresh graduate akan terbentuk menjadi menarik dan positif pula. Nah, bicara soal budaya kerja, Jepang merupakan salah satu negara yang terkenal dengan budaya kerjanya yang positif. Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan, pertumbuhan ekonomi yang cepat di sana. Berikut ini 7 budaya kerja orang Jepang yang bisa banget kamu tiru dan praktikkanmulai sekarang.


1. Berusaha maksimal untuk memberikan hasil terbaik


photo credit: hypebeast


Tak sedikit pekerja yang merasa kewalahan dengan pekerjaan yang diberikan kepada mereka. Ada yang menjadikan kondisi ini sebagai tantangan, tapi ada pula yang justru menjadi ingin menyerah saja. Nah, di Jepang, para pekerjanya terbiasa menerima tanggung jawab melebihi kemampuan mereka. Mereka pun akan menerima tugas yang diberikan secara antusias dan penuh semangat untuk memberikan hasil yang menganggumkan.


2. Memikirkan matang-matang keputusan yang akan diambil

photo credit: cnbc


Saat mengambil keputusan, penting untuk memikirkan segala akibatnya dengan baik. Sehingga, adakalanya saat mengambil keputuskan diperlukan waktu yang cukup lama agar tidak salah langkah. Setiap keputusan yang akan diambil, perlu dipikirkan matang-matang segala risiko yang mungkin terjadi.


3. Ketika terjadi masalah, fokus pada solusi

photo credit: nytimes

Setiap orang tentu pernah melakukan kesalahan, tapi yang membedakan orang hebat dan orang biasa adalah mereka yang hebat akan menerima kesalahan dan segera mengevaluasi diri dan mencari solusi.


4. Tidak mudah merasa puas

photo credit: jurnalotaku

Hasil baik yang telah berhasil dicapai memang kadang membuat diri bangga dan puas. Tapi, tak perlu berlama-lama merasa puas dan segeralah menganalisis keberhasilan yang dicapai untuk ditiru pada strategi berikutnya dan ditingkatkan kembali.


5. Menghitung segala sesuatu secara objektif

photo credit: glodec

Pendapat pribadi tanpa didasari data yang benar tentu tak bisa dijadikan pertimbangan utama. Karenanya, penting untuk mempertimbangkan data secara objektif.

BACA JUGA


Tak Kunjung Dapat Kerja? Sudah Sedihnya! Inilah 5 Cara Atasi Rasa Kecewa Akibat Ditolak HRD

Tak Kunjung Dapat Kerja? Sudah Sedihnya! Inilah 5 Cara Atasi Rasa Kecewa Akibat Ditolak HRD

Kecewa itu wajar tapi terlalu larut dalam kekecewaan juga bukan sesuatu yang baik

Read more..

Itulah 5 budaya kerja di Jepang yang bisa kamu terapkan juga di tempat kerjamu. Adakah budaya lain yang menurutmu sama pentingnya dengan yang telah disebutkan di atas?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kerja Produktif dan Efektif, Tiru 5 Budaya Kerja Orang Jepang Berikut Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Edo Juvano | @edojuvano

Silahkan login untuk memberi komentar