Keenan Pearce Ungkap Rahasia Strategi Memulai Binis dan Branding di Local Startup Fest 2017

Industri Kreatif

photo credit: instagram

22.9K
DI Local Startup Fest 2017, salah satu pembicara yang juga banyak ditunggu-tunggu, terutama oleh para kaum muda adalah Keenan Pearce. Bisa dibilang, Keenan adalah salah satu ikon muda yang sukses sebagai creativepreneur.

Acara LocalStartupfest yang dilangsungkan 3 hari dari tanggal 24, 25 dan 26 Februari berhasil memancing banyak pengunjung yang datang. Bahkan, dari hari pertama saja sudah diramaikan oleh ribuan pengunjung yang antusias datang ke The Space, Senayan City. Diramaikan dengan dihadirkannya para pembicara-pembicara ternama seperti Alamanda Shantika, Deny Santoso, Billy Boen, Danny Syah Aryaputra, Hadi Wenas dan banyak yang lainnya. Salah satu pembicara yang juga banyak ditunggu-tunggu, terutama oleh para kaum muda adalah Keenan Pearce. Bisa dibilang, Keenan adalah salah satu ikon muda yang sukses sebagai creativepreneur. Keenan adalah orang dibalik layar atas suksesnya Euphoria Project yang saat ini juga sedang mengembangkan bisnis bersama partnernya, Ernanda Putra di Makna Creative. Tentu banyak hal yang bisa dicuri dari seorang Keenan dan ingin diketahui oleh para pengunjung yang hadir.



Di acara LocalStartupFest hari Minggu tanggal 26 Februari 2017 kemarin, Keenan pun berbagi tentang bagaimana memulai sebuah bisnis dan stategi untuk membuat branding yang tepat. Topik ini menjadi sangat menarik karena sekarang banyak orang yang ingin memulai bisnisnya sendiri, terutama anak-anak muda yang mulai ingin terjun ke bidang ini. Lalu, apa kata Keenan yah soal tahap awal apa yang harus dilakukan untuk membangun bisnis dan bagaimana agar tetap bisa jalan terus kedepannya. Simak ulasannya berikut ini yuk!


photo credit: instagram/calvinbudianto

Dari mana idenya?

photocredit: Lives and Red Tape

Saat kita ingin memulai bisnis tentu hal yang paling pertama ditanyakan adalah bisnis apa yang ingin kita buat. Berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan sampai tahunan kita sibuk mencari ide bisnis apa yang akan dijalani. Saking sibuknya memikirkan ide yang cemerlang itu, tanpa disadari kita hanya terpatok di situ-situ saja dan tidak ada ide yang berhasil diekseskusi. Sebenarnya semua ide-ide itu bisa datang dar hal-hal yang dekat dengan kehidupan kita.

Ide berbisnis itu bisa kamu mulai dari keresahan apa yang ingin kamu selesaikan. Buatlah bisnis yang bisa menyelesaikan masalah banyak orang, sehingga saat kamu sudah memulai orang-orang akan datang untuk mencarinya. Kenapa demikian? Karena apa yang kamu buat bisa menyelesaikan permasalahan dan juga kebutuhan mereka.

Akan seperti apa brandingnya?

photo credit: Adroit Business Solutions

Nah, poin ini yang menarik. Di sini kamu harus menjadi diri sendiri dan membuat brand kamu itu memiliki originalitas. Boleh memiliki panutan, namun buatlah yang berbeda dan lebih baik dari itu. Jangan sampai kamu meniru, belum tentu cara yang dia pakai itu pun bekerja untuk bisnismu. Dalam hal ini biarkan dirimu berimajinasi karena dari sini biasanya akan muncul hal-hal yang memang benar-benar mempresentasikan brand kamu.Speak your mind, itu membuat brand kamu akan terasa memiliki esensi dari semangat kamu sebagai pemiliknya.


Bagaimana strateginya?

photo credit: Kumpulan Tips

Lalu bagaimana yang dengan strateginya? Coba deh untuk membuat list strategi yang kira-kira cocok untuk kamu terapkan dalam bisnis kamu. Cari tahu juga, sebenarnya apa sih yang menjadi visi dan misi kamu, sehingga kamu bisa tahu akan kemana arahnya untuk membuat brand kamu semakin terlihat ke permukaan. Keenan juga mengatakan jika kita harus menganggap brand itu sebagai benda hidup, sehingga kita peka dan tahu metode apa yang baik dan kurang baik, jadinya tidak akan seperti dipaksakan.


Apa yang harus dilakukan untuk tetap eksis?

photo credit: instagram/keenanpearce

Bagaimana agar apa yang telah kita buat itu tetap ada? Caranya adalah dengan selalu menganggap brand itu ibaratnya bayi yang akan lahir dan harus kita rawat juga jaga sebaik-baiknya. Buatlah brand yang bisa memberikan sentuhan emosi kepada audience. Menurut Keenan, saat ini kta sudah tidak bisa lagi membuat suatu iklan atau promosi yang terlalu hard selling, tapi harus yang benar-benar bisa memberikan value sehingga sampai kapanpun akan terus dinantikan.


Ketakutan jika entrepreneur hanyalah sebagai tren

photo credit: pinterest

Keenan juga menyebutkan kalau dirinya pun sedikit takut kalau entrepreneur ini hanya dijadikan sebagai tren. Siapa pun yang ingin terjun ke dunia ini, harus benar-benar menggunakan niat dan juga hati untuk memulainya. Menjadi seorang entrepreneur tidak selalu enak-enak saja seperti yang kebanyakan orang lihat, datang semau kita, bisa memakai pakaian santai ke kantor, tidak bergantung pada perusahaan dan lainnya. Ternyata dari apa yang kamu lihat dan menurutmu itu menyenangkan, banyak hal yang perlu kamu pikirkan untuk bisa membuat usaha yang kamu mulai berhasil dan selalu eksis dan memberikan esensi yang baik untuk semua orang.

BACA JUGA


Local Startup Fest Hadirkan Banyak Penggiat Startup Unik dan Inovatif. Berikut 7 Startup Unik yang Bisa Jadi Inspirasimu!

Local Startup Fest Hadirkan Banyak Penggiat Startup Unik dan Inovatif. Berikut 7 Startup Unik yang Bisa Jadi Inspirasimu!

Local Startup Fest 2017 telah usai digelar. Apa saja startup yang ikut bergabung dam memeriahka ajang inspirasi usaha tersebut? Berikut 7 ...

Read more..

Nah, semoga kita semua bisa mulai belajar yah untuk bisa selalu konsisten dan serius dalam menjalani hal apapun yang dilakukan. Terutama dalam hal berbisnis yang dalam perjalanannya akan menemukan banyak masalah dan rintangan yang harus bisa kita pecahkan.


Penulis: Qiqi Nurindahsari


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Keenan Pearce Ungkap Rahasia Strategi Memulai Binis dan Branding di Local Startup Fest 2017". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Virala | @virala

Markasnya biang kreatif Indonesia

Silahkan login untuk memberi komentar

mike donald | @LOANFIRM

Hola, ¿Está buscando libertad financiera? ¿Está en deuda, necesita un crédito para iniciar un nuevo negocio? ¿O doblar financieramente, usted necesita un crédito, un coche para comprar o una casa? ¿Alguna vez ha rechazado las finanzas de su banco? ¿Quieres mejorar tu situación financiera? ¿Necesita un préstamo que sus cuentas pagan? No busque más, le damos la bienvenida a una oportunidad para obtener todo tipo de préstamos, a un precio muy asequible 3% de interés para obtener más información, póngase en contacto con nosotros ahora por correo electrónico a: (stevedanielloanfirm@gmail.com)