Kebiasaan Sepele yang Bikin Uang Kamu Cepat Habis. Hati-Hati Kebiasaan Ini Jarang Kamu Sadari Loh!

Gaya Hidup

photo credit: Eat Drink Better

4.3K
Meski terkesan remeh, ternyata hal-hal ini bisa menghabiskan uang gajimu lebih cepat.

Kamu pasti pernah berada di dalam situasi ketika satu bulan belum berlalu, tetapi uang gajimu sudah keburu habis. Kemudian kamu menerka-nerka apa yang salah. Bisa jadi gajimu cepat habis bukan karena hal-hal pokok seperti bayar hutang, zakat, melunasi cicilan, atau memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar. Siapa tahu dompetmu jadi cepat kering karena kamu mengeluarkan banyak biaya untuk hal-hal yang kamu anggap remeh padahal menguras uangmu. Berikut di antaranya.


1. Jajan cemilan

credit: Toko Mesin

Awalnya kamu hanya membeli beberapa bungkus makanan ringan dan sebotol minuman. Tampaknya itu bukanlah sebuah masalah, kemudian kamu berbelanja camilan, begitu pula esoknya dan esoknya lagi. Kamu terus melakukan itu dan meganggap camilan tidak akan mengganggu isi dompetmu karena, toh, hanya cemilan. Akhirnya, tanpa kamu sadari uangmu mulai menipis dan kamu bertanya-tanya kenapa hal itu bisa terjadi.


2. Terlalu sering ke bioskop

credit: Ok Huge

Memang tidak ada yang salah dengan menonton film di bioskop. Tetapi jika kamu selalu mampir ke bioskop setiap ada film baru yang dirilis, maka kamu sudah menambah beban pengeluaranmu. Ketika kamu memutuskan untuk menonton di bioskop, kamu tidak hanya mengeluarkan biaya untuk membayar tiket tapi juga biaya untuk transportasi, makanan, dan juga parkir.


3. Traktir teman

credit: Liquor

Kamu ingin menunjukkan solidaritasmu terhadap teman-teman dengan mengajak mereka makan bersama. Sebetulnya itu adalah hal yang bagus. Kamu berusaha mempererat tali pertemanan dengan mentraktir mereka. Tanpa kamu sadari, kegiatan ini ternyata bisa menjadi hal yang memperparah keadaan keuanganmu. Kamu bukannya tidak berhak untuk mentraktir teman-temanmu namun lihat dulu kondisi keuanganmu sebelum kamu memutuskan untuk menjamu teman-temanmu itu.


4. Kemana-mana harus pakai kendaraan bermotor

credit: Okezone

Memiliki kendaraan bermotor seperti sepeda motor atau mobil memang memudahkan kamu untuk bepergian. Tetapi kemudahan yang kamu dapat itu sebanding dengan biaya yang harus kamu keluarkan seperti biaya bahan bakar, biaya perawatan, dan biaya parkir. Semakin sering kamu memakai kendaraan bermotor, semakin banyak pula yang harus kamu bayar. Mulai sekarang batasi penggunaan kendaraan bermotor. Jika kamu ingin pergi ke suatu tempat yang kebetulan jaraknya tidak terlalu jauh, cobalah berjalan kaki atau gunakan sepeda. Selain menyehatkan badan, kondisi dompetmu juga akan terjaga kesehatannya.


5. Isi ulang paket data

credit: Tanda Pagar

Kamu hidup di zaman dimana internet sudah menjadi kebutuhan dasar. Karena sudah menjadi kebutuhan, maka kamu akan mengalokasikan sebagian uangmu untuk memenuhi kebutuhan akan akses internet. Masalahnya jika kamu terlalu sering bermain internet maka paket data yang kamu beli pun akan cepat habis dan kamu harus membeli paket internet lagi. Dan itu berarti pengeluaran dan pengeluaran lagi.

Jangan anggap remeh hal-hal kecil yang sudah disebutkan di atas. Jika kamu tidak bisa mengendalikan diri, maka hal-hal sepele itu yang akan membuatmu kehabisan uang dengan cepat. Mulai sekarang, belajarlah mengatur uangmu dan perhatikan semua pengeluaran, siapa tahu sampai detik ini kamu masih melakukan hal-hal kecil yang ternyata dapat menguras isi dompetmu.

BACA JUGA


Bisakah Uang Membeli Kebahagiaan? Hasil Penelitian Ini Mengejutkan!

Bisakah Uang Membeli Kebahagiaan? Hasil Penelitian Ini Mengejutkan!

Ternyata, penelitian modern bahkan memutuskan satu perkara penting: layaknya barang, kebahagiaan bisa kita dapatkan dengan uang

Read more..

Selain 5 poin di atas, menurut kamu apa lagi yang bisa membuat uangmu habis lebih cepat?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kebiasaan Sepele yang Bikin Uang Kamu Cepat Habis. Hati-Hati Kebiasaan Ini Jarang Kamu Sadari Loh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar