Kebiasaan di Transportasi Umum yang Haram Kamu Lakukan. Yuk, Jadi Penumpang Tertib yang Bikin Bangga Indonesia!

Inspirasi

photo credit: dailymail

1.1K
Ada kata “umum” di dalam tranportasi umum. Itu berarti bahwa bukan kamu saja yang menggunakan jasa transportasi umum sehingga kamu diharapkan bisa bersikap sebagaimana mestinya supaya tercipta kenyamanan bersama.

Kehadiran transportasi umum sangatlah vital untuk mendukung aktviitas warga di sebuah wilayah. Apalagi untuk ukuran sebuah kota besar dengan mobilitas masyarakatnya yang tinggi, maka transportasi umum menjadi sarana yang wajib ada. Selain tersedia, transportasi umum pun harus memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Tetapi harus kamu ingat bahwa kenyamanan di dalam transportasi umum tidak hanya bisa diciptakan oleh pihak pengelola namun juga oleh kamu sebagai penggunanya.

Banyak aturan, baik yang yang tertulis maupun tidak yang harus selalu kamu perhatikan sebagai penumpang. Tujuannya tidak lain untuk menciptakan kenyamanan bersama sehingga perjalanan dengan transportasi umum bisa menjadi hal yang menyenangkan.

Jadi, sebagai penumpang yang baik dan budiman, kamu haram hukumnya jika mengabaikan hal-hal berikut ini.


1. Antre yang tertib

photo credit: Her

Entah kenapa sepertinya orang-orang Indonesia sulit sekali untuk bisa tertib mengantre. Kamu akan selalu menemukan orang yang menyerobot barisan, entah itu ketika mengantre di loket atau ketika akan masuk ke dalam kendaraan.

Kamu jangan jadi seperti orang-orang itu yah. Kamu pun harus bersikap proaktif dengan menegur orang yang menyela antrean.


2. Dahulukan yang turun

credit: Love This Pic

Aturan semacam ini memang tidak tertulis, namun hal tersebut sudah menjadi etiket umum dalam berkendara dengan tranportasi umum. Dengan mendahulukan penumpang yang akan turun, ruangan di dalam kendaraan akan lebih luang sehingga memudahkan penumpang lain yang akan masuk.

Bayangkan jika kamu memaksa masuk ke dalam kendaraan sebelum ada yang sempat turun. Ruangan di dalam kendaraan pasti akan lebih sempit dan penumpang yang akan turun akan kesulitan melangkah keluar. Kemungkinan terburuknya adalah penumpang itu akhirnya tidak bisa keluar sehingga harus turun di tempat pemberhentian berikutnya.


3. Tempat duduk prioritas hanya untuk yang diprioritaskan

photo credit: KAORI Nusantara

Seandainya kamu lupa siapa saja yang boleh menempati kursi prioritas, inilah daftarnya:

  1. Wanita hamil
  2. Ibu menyusui
  3. Orang tua alias lanjut usia
  4. Penyandang disabilitas
  5. Orang yang sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu sehingga tidak memungkinkan baginya untuk berdiri lama

Kalau kamu bukan salah satu dari kelima kategori di atas, jangan coba-coba menyerobot kursi prioritas yah.


4. Jangan berdiri di dekat pintu

credit: Twitter

Kamu akan menghalangi orang yang mau masuk ataupun keluar kendaraan, jika berdiri di dekat pintu. Selama memungkinkan, carilah sudut lain di kendaraan untuk tempat kamu berdiri.


5. Mengobrol boleh-boleh saja, tapi perhatikan volume suaramu yah

photo credit: dailymail

Tidak seperti di beberapa negara lain, di Indonesia tidak ada aturan atau norma yang khusus melarang penumpang transportasi umum mengobrol. Kamu boleh berbicara dengan orang lain di dalam kendaraan atau bercakap-cakap lewat telepon, hanya saja perhatikan nada suaramu. Jangan mengobrol dengan suara kencang apalagi sampai tertawa terbahak-bahak. Penumpang lain bisa terganggu. Jadi berbicaralah dengan nada sewajarnya.

Selain itu, terkadang kamu juga ingin sedikit berbasa-basi dengan mengajak sesama penumpang mengobrol. Tetapi jagalah sikapmu. Jika orang yang kamu ajak bicara tampak tidak berminat, maka jangan lanjutkan pembicaraan tersebut.


6. Mendengarkan musik sebetulnya sah-sah saja, asalkan..

photo credit: dailymail

Kamu memang boleh mendengarkan musik selama perjalanan. Kamu bebas mendengarkan apapun untuk mengusir jenuh, asalkan:

  1. Kamu tidak memasang musik lewat loudspeaker.
  2. Ketika kamu mendengarkan musik dengan memakai earphone atau headset, pastikan benda tersebut tidak “bocor” alias suara musiknya bisa sampai terdengar oleh orang di sampingmu. Biasanya kebocoran tersebut terjadi ketika kamu memasang volume yang terlalu tinggi.


7. Berusahalah tidak 'meracuni udara' di dalam kendaraan

credit: CNN

Masalah yang juga sering ditemui di dalam transportasi umum adalah bau badan orang-orang di sekitar kamu. Kamu pun jangan menjadi salah satunya. Selalu gunakan deodoran, parfum, atau produk anti bau badan lainnya. Tetapi kamu pun harus ingat untuk tidak berlebihan memakai pewangi badan. Wangi yang terlampau menyengat juga bisa menggangu penumpang lain.

BACA JUGA


Putuskan Rantai Bullying, Inilah 2 Tindakan Kunci yang Bisa Kamu Lakukan!

Putuskan Rantai Bullying, Inilah 2 Tindakan Kunci yang Bisa Kamu Lakukan!

Bullying adalah sebuah penyakit. Mengabaikannya sama saja membiarkannya menyebar luas

Read more..

Ada kata “umum” di dalam tranportasi umum. Itu berarti bahwa bukan kamu saja yang menggunakan jasa transportasi umum sehingga kamu diharapkan bisa bersikap sebagaimana mestinya supaya tercipta kenyamanan bersama.

Selain ketujuh hal di atas, menurut kamu apalagi yang harus diperhatikan untuk menciptakan kenyamanan di dalam kendaraan umum?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kebiasaan di Transportasi Umum yang Haram Kamu Lakukan. Yuk, Jadi Penumpang Tertib yang Bikin Bangga Indonesia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar