Kamu yang Kuliah Sambil Bekerja, Jaga Kondisi Keuangan Agar Selalu Stabil dengan 5 Langkah Praktis Ini!

Gaya Hidup

Credit: http://isa.ut.ee

292
Urusan keuangan, yang terpenting bukanlah mengenai nominalnya besar atau tidak, tapi bagaimana kamu bisa mengaturnya dengan baik sehingga pengeluaran tak akan melebihi pendapatan.

Apakah kamu salah satu orang yang bekerja sambil kuliah? Salah satu kesulitan terbesar yang diambil seseorang yang bekerja sambil kuliah ialah mengelola keuangan. Akan ada banyak biaya yang dibutuhkan, muali dari biaya semester kuliah, tranportasi, makan, tempat tinggal, dan pengeluaran lain yang harus diperhatikan. Sedangkan pendapatan yang didapat hanyalah dari penghasilan sebagai karyawan atau pekerjaan yang digeluti. Bagaimana kamu bisa menyeimbangi pemasukan dan pengeluaran supaya keuanganmu terkelola dengan baik? Ikutilah kelima langkah ini!


1. Hitung biaya kebutuhan sehari-hari


Credit: tctechcrunch2011

Untuk bisa mengontrol uang dengan baik kamu harus tahu pasti pengeluaran yang akan dilakukan setiap harinya. Walaupun ini adalah perkiraan tapi sangat penting sebagai panduan kamu dalam menyisihkan uang kebutuhan untuk membayar kuliah. Memperkirakan biaya kebutuhanmu sehari-hari bisa dilihat dari perhitungan tiap satu bulan sebelumnya.


2. Buat proporsi alokasi penghasilan yang ideal

Credit: picdn

Setelah melakukan perhitungan pengeluaran, kamu harus mengalokasikan penghasilan kamu sesuai dengan perkiraan kebutuhan yang sudah kamu buat. Contohnya seperti pembayaran biaya kuliah. Memang biasanya biaya kuliah dibayar per semester, tapi kamu tetap perlu mengalokasikannya dari penghasilan kamu setiap bulan agar mempermudah perencanaan keuanganmu.


3. Hidup hemat

Credit: giphy

Jika sudah ada perkiraan dan alokasi penghasilan, ternyata kebutuhan bulanan tetap tidak terpenuhi, berarti kamu harus memulai penghematan. Kamu bisa memulai penghematan dari sisi konsumtif dengan mengurangi porsi belanja yang berlebihan. Intinya kamu harus berhati-hati dan mencari cara yang tepat untuk menghemat kebutuhan biaya bulanan.


4. Menabung dan bayar biaya kuliah tepat waktu

Credit: marketwatch

Salah satu alasan kamu butuh mengalokasikan penghasilan adalah kamu jadi tahu setiap detail pengeluaran. Hal ini memudahkan kamu untuk bisa mengambil bagian untuk menabung. Buatlah rekening terpisah dari rekening transaksi kamu, dan setiap mendapatkan gaji kamu bisa langsung transfer ke rekening tersebut untuk menabung. Selain itu, sisihkan juga g biaya kuliah sehingga saat waktunya pembayaran kamu bisa bayar tepat waktu.


5. Ajukan beasiswa


Untuk lebih memudahkan pengeluaran keuangan kamu di saat kerja sambil kuliah adalah dengan mengajukan beasiswa. Jika kamu memiliki prestasi yang baik, pasti kamu bisa mendapatkan beasiswa. Itu sudah sangat akan membantu kamu meringankan biaya kebutuhan. Jika pada akhirnya kamu berhasil mendapatkan beasiswa, pertahankan prestasimu hingga sampai akhir semester kamu masih tetap mendapatkan program beasiswa tersebut.

BACA JUGA


Bisakah Uang Membeli Kebahagiaan? Hasil Penelitian Ini Mengejutkan!

Bisakah Uang Membeli Kebahagiaan? Hasil Penelitian Ini Mengejutkan!

Ternyata, penelitian modern bahkan memutuskan satu perkara penting: layaknya barang, kebahagiaan bisa kita dapatkan dengan uang

Read more..

Urusan keuangan, yang terpenting bukanlah mengenai nominalnya besar atau tidak, tapi bagaimana kamu bisa mengaturnya dengan baik sehingga pengeluaran tak akan melebihi pendapatan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu yang Kuliah Sambil Bekerja, Jaga Kondisi Keuangan Agar Selalu Stabil dengan 5 Langkah Praktis Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar

Crystal Monica | @alibabaalibabi

e-billing pajak