Kamu Pengusaha Pemula? Sukses Dapatkan Investor dengan Terapkan 5 Cara Ini!

Bisnis

646
Satu hal penting bagi investor adalah keberhasilan dari bisnis. Jika menurut mereka bisnis kamu tidak punya harapan maju, mereka tidak akan menginvestasi

Sebagai pengusaha hal yang penting saat merintis bisnis adalah modal dan pendanaan. Permulaan bisnis tidak bisa berjalan jika tidak ada uang atau modal. Keperluan-keperluan yang dibutuhkan seperti anggaran karyawan, sewa tempat, promosi, atau membeli bahan-bahan dasar bisnis, semuanya butuh modal yang besar. Sayangnya bagi pengusaha pemula susah untuk mencari investor yang mampu memberikan dana untuk usaha yang sedang dibangun.

Kalau kamu salah satu dari mereka yang bingung bagaimana cara mendapatkan investor, berikut 5 cara mendapatkan investor.


1. Buat proposal bisnis

Photo Credit: proposal-wpengine

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat proposal bisnis kamu. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah untuk mempresentasikan kepada calon investor. Beberapa hal yang perlu ada dalam proposal bisnis, apa jenis bisnis, value yang didapatkan, gambaran permintaan pasar, dan lain-lain. Buat proposal semenarik dan sejelas mungkin. Ini sangatlah penting untuk keberlangsungan usahamu.


2. Jelaskan peluang bisnis ke depan

Photo Credit: creativespark

Satu hal penting bagi investor adalah keberhasilan dari bisnis. Jika menurut mereka bisnis kamu tidak punya harapan maju, mereka tidak akan menginvestasi. Maka dari itu perlu untuk kamu menjelaskan dan meyakinkan bahwa usahamu ini akan berjalan dengan baik ke depannya. Lakukan perhitungan dengan jelas peroleh yang akan kamu dan investor dapatkan.


3. Buatlah terobosan

Photo Credit: dynamicbusiness

Sebagai pengusaha harus bisa memberikan terobosan yang baru. Kalau bisnis yang kamu rintis sama dengan usaha yang sudah ada, akan sulit mendapatkan investor. Kamu perlu bentuk strategi untuk membuat terobosan pada target pasar yang ada. Perbedaan yang kamu buat mampu menarik investor.


4. Buat dan pasang iklan

Photo Credit: exhibit-estore

Buat iklan untuk promosi bisnis menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan investor. Baik media cetak atau online, keduanya sama-sama efektif. Jika tidak mau mengeluarkan biaya, kamu juga bisa mulai promosi lewat media sosial.


5. Ikut kompetisi atau gabung komunitas bisnis

Photo Credit: giminstitute

Sekarang ada banyak perlombaan bisnis start-up yang mampu memberikan kamu banyak investor. Dengan mengikuti kompetisi tersebut kamu tidak hanya mendapatkan investor, tapi juga membuat bisnis kamu cepat dikenal. Selain itu kamu juga bisa gabung dalam komunitas bisnis. Selain mendapatkan investor, kamu juga mendapatkan teman-teman yang mungkin dapat membantu promosi bisnis kamu.

BACA JUGA


5 Strategi Mengubah Hobi Menjadi Hoki

5 Strategi Mengubah Hobi Menjadi Hoki

Hobi mahal ternyata bisa dipakai sebagai pencari nafkah utama

Read more..

Memang tidak mudah untuk mendapatkan investor, tapi bukan berarti tidak akan mendapatkannya. Mudah-mudahan 5 cara di atas dapat membantu kamu mendapatkan investor. Semangat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Pengusaha Pemula? Sukses Dapatkan Investor dengan Terapkan 5 Cara Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar