Jemput Ide-Ide Kreatif dengan 5 Langkah Ampuh Anti Stuck Berikut Ini!

Industri Kreatif

photo credit: B&T

2.4K
Semakin luas wawasan kita maka semakin banyak ide yang bisa kita bentuk.

Kamu tentu ingin memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang kamu geluti. Tidak hanya energi fisik, pemikiran, atau ide yang dituangkan dari dalam kepala pun harus tersaji dalam bentuk terbaiknya. Begitu halnya dengan orang-orang yang bergelut di dunia kreatif. Ide bagai bahan-bahan makanan dan si pekerja kreatif adalah koki yang akan memasaknya.

Namun, kamu mungkin pernah begitu kesulitan mendapatkan ide alias stuck. Tak peduli seberapa banyak kamu memutar kepala, memeras otak, dan merenung di dalam kamar mandi, ide yang diharapkan itu tidak datang juga. Sebetulnya, kamu tidak perlu mengalami kejadian “stuck” semacam itu, kalau ide-ide atau inspirasi mengalir deras seperti sungai. Namun, bagaimana caranya agar ide-ide itu tak berhenti mengalir? Berikut tispnya!


1. Perkaya wawasan yang kamu miliki

photo credit: B&T

Ilmuwan mengatakan bahwa otak kita adalah media penyimpanan yang kapasitasnya tidak akan bisa dikalahkan oleh superkomputer manapun. Itu berarti sebanyak apapun kita mengisi otak kita dengan informasi, otak tidak akan pernah berteriak “you dont have enough space”.

Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang menambah wawasan seperti membaca buku, menonton film dokumenter, datang ke pameran seni, dan sebagainya. Semakin luas wawasan kita maka semakin banyak ide yang bisa kita bentuk.


2. Cari inspirasi dan lakukan evaluasi dari karya orang lain

photo credit: Rowan University

Sempatkanlah untuk melihat apa yang diciptakan orang lain dan temukan apa yang membuat karya mereka berbeda dengan karya kita sendiri. Lebih baik lagi jika karya yang kita lihat itu ternyata lebih bagus dari yang kita buat sebab hal ini akan menuntun kita untuk menemukan apa yang membuat karya orang lain itu lebih baik dari milik kita. Sehingga, kita pun akan berpikir dan merangsang pikiran untuk melahirkan ide-ide yang lebih hebat lagi.


3. Berdiskusilah dengan berbagai macam orang

photo credit: YouTube

Duduk bersama sambil bertukar pikiran dengan orang lain juga cukup efektif untuk mendatangkan ide. Kita bisa melakukannya dengan satu orang, dua orang, tiga orang, atau bahkan dengan sebuah kelompok besar sekalipun. Dari diskusi ringan sekali pun, mungkin sekali kamu mendapatkan ide yang selama ini tak terpikirkan olehmu.


4. Tekuni hobi yang kamu miliki

photo credit: YouTube

Menyisihkan sebagian waktu untuk menggeluti hobi sangat bermanfaat untuk mengurangi penat akibat pekerjaan sehari-hari. Kesenangan yang diperoleh dari menjalankan sebuah hobi akan membuat pikiran kita lebih segar, sehingga ide pun lebih mudah datang.


5. Istirahatkan pikiran dari rutinitas: piknik!

photo credit: emprendiendohistorias

Rutinitas pekerjaan sehari-hari sudah tentu memeras energi dan otak, belum lagi deadline-deadline yang seakan tak pernah berhenti mengejar membuat kamu lelah baik secara fisik maupun mental. Ujung-ujungnya stres pun melanda.

Kamu perlu sebuah jeda untuk memulihkan kembali kondisi fisik dan mental. Ide akan sulit datang jika kondisi kita sedang stres. Kalau kita memaksakan diri mencari ide saat kita sedang stres, itu hanya akan membuat kita semakin stres.

Maka, pikniklah!

Datangilah tempat-tempat yang bisa membuat pikiran kita kembali segar sebab ide akan lebih mudah datang pada pikiran yang tidak tercemar lelah dan stres. Hutan, gunung, dan pantai adalah tempat-tempat yang ideal untuk “mencuci pikiran”. Kamu juga bisa hanya berbaring di atas kasur seharian atau mendatangi pusat keramaian juga bisa membuat pikiran kembali segar, maka lakukan saja. Tak pedui di mana, yang penting piknik.

BACA JUGA


7 Cara Ampuh Agar Setiap Hari Kamu Selalu Terserbu Ide-Ide Kreatif

7 Cara Ampuh Agar Setiap Hari Kamu Selalu Terserbu Ide-Ide Kreatif

Untuk tetap survive di segala bidang itu tergantung pada kemampuan kita untuk tetap kreatif. Setuju nggak? Meski kita nggak kerja di bidang ...

Read more..

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan saat ide tak kunjung datang. Selamat mencoba yah!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jemput Ide-Ide Kreatif dengan 5 Langkah Ampuh Anti Stuck Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar