Jangan Wawancara Kalau Belum Lakukan 6 Persiapan Berikut Ini!

Kerja

credit: LinkedIn

979
Seberapa siap kamu menghadapi wawancara kerja akan menentukan hasil yang akan kamu peroleh.

Kamu yang saat ini sedang mencari pekerjaan, mendapatkan panggilan wawancara dari suatu perusahaan adalah hal yang sangat kamu nanti-nantikan. Kalau kamu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut, maka kamu harus mulai bersiap-siap. Tapi apa saja yang harus kamu persiapkan untuk menghadapi wawancara kerja? Berikut ini ulasannya!


1. Sesuaikan pakaian dengan budaya perusahaan yang kamu tuju

credit: Recruitment Result

Sebaiknya gunakan pakaian resmi/formal di hari wawancara. Jangan lupa pakaiannya disterika dulu agar tampak rapi. Jika memungkinkan, pakailah setelan jas dan sepatu pantofel (untuk laki-laki) atau sepatu hak (untuk wanita) sebagai alas kaki untuk memberikan kesan profesional sekaligus menyiratkan jika kamu sudah sangat siap menghadapi wawancara.


2. Perhatikan kebersihan wajahmu

credit: Notr Such a Model Mum

Sempatkanlah bercukur agar rambutmu terlihat lebih rapi. Seandainya kamu enggan memangkas rambutmu, paling tidak gunakan produk-produk semacam gel rambut atau hair spray agar rambutmu lebih tertata. Untuk kamu yang perempuan hiasi parasmu dengan make-up terbaik. Jangan memoles wajahmu dengan tata rias yang berlebihan sebab itu bisa mengurangi nilaimu di mata orang yang akan mewawancaraimu.

Hal-hal lain yang juga harus kamu perhatikan adalah lubang hidung dan sela-sela gigi. Periksa kembali apakah ada sehelai rambut hidungmu yang mencuat keluar atau potongan-potongan kecil makanan yang masih terselip di gigimu.


3. Mulut yang bau bisa membuatmu gagal diterima

photo credit: Daily Mail

Jika kamu mencium aroma mulutmu sendiri lalu kamu mengernyitkan dahi setelahnya, itu berarti kamu siap meracuni pewawancara dengan aroma mulutmu itu. Sikatlah gigi dengan benar dan gunakan mouthwash untuk mengusir bau mulut. Kamu pun bisa menyingkirkan bau mulut dengan mengunyah beberapa butir permen mint.


4. Pengetahuan mengenai perusahaan itu penting: riset!

photo credit: Stafco

Cari tahu tentang perusahaan yang akan mewawancaraimu karena kamu pasti akan menghadapi pertanyaan semacam, “Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?” Manfaatkan waktu sebelum hari wawancara untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya. Pihak perusahaan tentunya akan ragu menjadikanmu karyawan jika kamu tidak tahu apa-apa tentang mereka.


5. Datanglah tepat waktu

photo credit: The Muse

Datang terlambat di hari wawancara jelas tidak akan memberikan kesan yang baik tentang dirimu. Perusahaan pun pasti akan berpikir ulang untuk merekrutmu atau malah mereka akan menolakmu sama sekali. Lagipula mana ada orang yang suka dengan orang yang sering datang terlambat.


6. Banyak-banyaklah berdoa


Ketika kamu sudah berhadapan dengan pewawancara, tidak ada seorang pun yang bisa membantu selain dirimu sendiri. Untuk itulah kamu perlu mengajak Tuhan. Maka sebelum hari wawancara tiba, rajinlah beribadah dan minta kepada-Nya supaya kamu bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik dan tanpa terganggu gugup sedikitpun.

BACA JUGA


Pertanyaan yang Sering Muncul dalam Wawancara Kerja dan Bocoran Cara Menjawabnya

Pertanyaan yang Sering Muncul dalam Wawancara Kerja dan Bocoran Cara Menjawabnya

Kamu sedang berada di sebuah wawancara kerja. Tidak ada hal lain yang bisa kamu perbuat selain memberikan jawaban terbaik

Read more..

Lakukan keenam hal di atas ketika kamu akan menghadapi sebuah wawancara kerja. Memang sih, tidak ada jaminan kamu akan segera diterima sebagai karyawan. Tetapi pada akhirnya perusahaan pun akan tahu mana kandidat yang sudah melakukan persiapan untuk wawancara dan mana yang tidak. Kamu pasti sudah bisa menebak sendiri kandidat macam apa yang punya peluang lebih besar untuk diterima.

Nah, selamat mencoba dan semoga wawancaramu sukses.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Wawancara Kalau Belum Lakukan 6 Persiapan Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar