Jangan Sebarkan Info di Media Sosial, Sebelum Menjawab 5 Pertanyaan THINK Ini!

Inspirasi

photo credit: Quora

2.3K
Jangan asal membagikan sebuah konten di media sosial. You must THINK before sharing.

Media sosial adalah tempatnya berbagi. Kamu bisa memberikan apapun kepada teman-temanmu dan sebaliknya, mereka juga bisa membagikan sesuatu untukmu. Tetapi, hanya karena kamu boleh membagi sebuah konten di media sosial bukan berarti kamu bebas membagikan apapun yang kamu mau.

Kamu tahu sendiri kan, saat ini banyak sekali konten-konten negatif berkeliaran dengan bebasnya di media sosial. Kamu tak akan kesulitan menemukan berita-berita palsu, fitnah, ujaran kebencian, adu domba, dan hal-hal buruk lainnya di media sosial. Ini terjadi karena masih banyak pengguna media sosial yang tidak berpikir ketika memutuskan membagikan sebuah konten.

Maka dari itu, kamu jangan ikut-ikutan seperti orang-orang itu. Ketika kamu ingin membagi sebuah konten di media sosial, tanyakan ini dulu pada dirimu sendiri:


1. Is it TRUE?

credit: Twitter

Periksa kebenarannya. Cek dan cek lagi apakah konten yang mau kamu sebar itu tidak berisi berita-berta palsu atau kebohogan. Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan silang (cross-check) dengan bantuan mesin pencari Google.

Misalnya begini, kamu menemukan berita dengan headline “Presiden Kita Berniat Perang dengan Negara Tetangga”. Setelah itu, segera buka Google dan ketikkan headline tersebut. Jika tidak ada hasil pencarian serupa dengan berita yang kamu temukan itu, bisa dipastikan konten berita itu palsu.


2. Is it HELPFUL?

photo credit: The Majesty's Men

Kamu sudah melakukan pengecekkan dan ternyata konten yang kamu temukan bukan palsu. Berarti kamu sudah boleh menyebarkannya, dong?

Masih belum!

Benar tidak berarti bermanfaat. Meskipun konten tersebut sudah terjamin keasliannya, kamu tidak bisa begitu saja membaginya di media sosial. Pikirkan apakah konten tersebut bermanfaat bagi orang-orang yang membacanya atau hanya akan menimbulkan keributan dan perdebatan semata.


3. Is it IMPORTANT?

Pahami konten yang ingin kamu sebar tadi. Pikirkan apakah konten tersebut benar-benar dibutuhkan oleh orang lain atau sekadar koten sampah yang tidak berfaedah dan tidak ada maknanya.


4. Is it INSPIRING?

photo credit: HuffPost

Penting juga bagimu untuk menilai apakah konten yang hendak kamu sebar bisa memberikan inspirasi bagi yang membacanya. Jika menurutmu konten tersebut hanya akan membuang-buang waktu, lebih baik tinggalkan.


5. Is it KIND?

photo credit: Quora

Sebarkanah hal-hal yang baik saja. Kamu harus mengingat poin ini karena keburukan lebih cepat menyebar daripada kebaikan. Artinya,ketika kamu membagikan konten penuh keburukan, maka konten itu akan menyebar dengan cepat dan kamu tidak menyadari seberapa banyak orang yang akan terpengaruh karenanya.

BACA JUGA


Jika Semua Media Sosial DIblokir, Inilah 3 Kemungkinan yang Akan Terjadi Padamu

Jika Semua Media Sosial DIblokir, Inilah 3 Kemungkinan yang Akan Terjadi Padamu

Ketika sesuatu sudah merasuk terlalu dalam di kehidupan, maka ketika sesuatu itu hilang kehidupan pun akan terasa pincang

Read more..

Awalnya media sosial adalah sebuah tempat yang menyenangkan namun seiring waktu berubah menjadi tempat penuh keburukan akibat ulah mereka yang menyebarkan sesuatu tanpa berpikir terlebih dahulu.

Maka, kamu pun jangan ikut-ikutan menyebarkan konten yang “aneh-aneh” di media sosial. Selalu ingat dan tanyakan dirimu 5 poin di atas sebelum kamu memutuskan untuk menekan tombol share.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Sebarkan Info di Media Sosial, Sebelum Menjawab 5 Pertanyaan THINK Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar