Jangan Biarkan Media Sosial Merusak Mood Kamu. Inilah 5 Cara Membuat Medsos Kamu Jadi Tempat yang Menyenangkan!

Inspirasi

credit: shutterstock

1.5K
Media sosial bisa menjadi tempat yang menyenangkan. Tetatpi di saat yang sama juga bisa tempat yang sangat menyebalkan

Awalnya jejaring sosial diciptakan sebagai media untuk mempererat hubungan sosial sesama manusia, meskipun jarak memisahkan, dengan media sosial, seseorang masih dapat berinteraksi dengan orang lain.

Namun seiring waktu berjalan, media sosial kini mengalami pergeseran fungsi menjadi tempat dimana seseorang bebas mengekspresikan apa pun semaunya. Curhatan, kritikan, sindiran, bahkan ujaran kebencian pun bisa kamu temukan di sana. Tentu saja ini bukanlah hal menyenangkan ketika kamu sedang bermain media sosial. Kamu ingin melihat hal-hal menyenangkan bukannya menyaksikan orang-orang mengeluh, mengumpat, atau mengutarakan kebencian terhadap orang lain.

Jika kamu sudah muak dengan segala drama yang kamu temukan di media sosial dan ingin membuat media sosial menjadi tempat yang kembali menyenangkan, simaklah cara-cara ini.


1. Tegur dan ingatkan

photo credit: shutterstock

Seseorang memang bebas mengekspresikan apa yang mereka pikirkan dan di saat yang sama kamu tidak bisa mengontrol apa yang harus mereka tuliskan. Jika kamu mendapati seseorang memposting sesuatu yang menurutmu meresahkan, maka kamu tidak boleh diam saja. Tegur dan ingatkan dia secara halus. Katakan padanya bahwa apa yang dia tulis meresahkan orang lain yang melihatnya.


2. Seleksi teman di media sosial

photo credit: HuffPost

Ketika kamu sudah mengingatkan namun masih saja ada orang yang memposting konten-konten tidak sehat di media sosial, langkah yang bisa kamu ambil selanjutnya adalah menghapus orang-orang itu dari daftar teman. Di Facebook ada tombol unfriend sementara Twitter dan Instagram menyediakan pilihan unfollow.

Ada kalanya kamu merasa tidak tega untuk menyingkirkan seseorang dari daftar pertemanan. Tetapi jika dibiarkan, orang itu akan terus menayangkan hal-hal meresahkan di media sosial dan kamu tahu kamu tidak menyukai hal itu. Jika kamu mengalami dilema seperti itu, maka kamu bisa mencoba opsi “unfollow” di Facebook dan “mute” di Twitter. Dengan opsi itu kamu tidak akan melihat lagi postingan seseorang tetapi kamu masih berteman dengannya di media sosial.


3. Jangan ikut sebar keburukan

Salah satu cara mencegah keburukan menyebar adalah dengan tidak ikut membantunya menyebar. Jangan asal share setiap konten yang kamu lihat. Periksa kembali kebenaran dan validitasnya. Sekalipun kamu sudah yakin jika konten yang akan kamu sebar itu tidak palsu, selanjutnya pikirkan apakah konten tersebut bermanfaat untuk orang lain.


4. Tulis yang berdampak positif saja

photo credit: shutterstock

Mulai sekarang perhatikan apa yang akan kamu tulis di akun media sosialmu. Kamu tidak suka melihat orang lain menulis seenaknya tapi kamu sendiri malah melakukannya. Berhati-hatilah sebab banyak orang yang terpaksa berurusan dengan polisi gara-gara apa yang mereka tulis di media sosial. Selain itu, isi media sosialmu juga menentukan nasibmu ketika kamu sedang mencari pekerjaan


5. Sudah, tinggalkan saja!

Kamu sudah menegur, menyeleksi teman, tidak ikut membagikan konten negatif, dan juga sudah berusaha menulis hal-hal yang baik saja. Tetapi rupanya media sosial belum menjadi tempat yang menyenangkan untukmu. Kalau sudah begitu, ya sudah tinggalkan saja. Tutup akun media sosialmu dan berinteraksilah dengan orang-orang di dunia nyata. Salah satu keuntungan menutup akun media sosialmu adalah kamu akan lebih punya banyak waktu dan fokus untuk hal-hal lain yang lebih bermakna. Apa kamu berani meninggalkan media sosialmu?

BACA JUGA


Personal Branding-mu Bisa Dibangun Mulai Hari Ini dengan 6 Langkah Mudah!

Personal Branding-mu Bisa Dibangun Mulai Hari Ini dengan 6 Langkah Mudah!

Tetaplah positif dan konsisten. Hindari segala bentuk hal negatif mulai dari pikiran hingga perbuatan yang dapat merusak citra dari personal ...

Read more..

Sikap dan keputusanmu menentukan apakah media sosial bisa menjadi tempat yang menyenangkan atau malah tempat yang menyebalkan. Jika setelah berbagai cara kamu masih menganggap media sosial sebagai tempat yang tidak menyenangkan, mungkin kamu sendirilah yang membuatny seperti itu.

Jadi, bijaklah dalam bermedia sosial.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Biarkan Media Sosial Merusak Mood Kamu. Inilah 5 Cara Membuat Medsos Kamu Jadi Tempat yang Menyenangkan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar