Ini Dia 7 Kesalahan Saat Presentasi yang Masih Sering Dilakukan Banyak Orang. Stop Lakukan untuk Pikat Pendengar!

Inspirasi

photo credit: TED

280
Walaupun berpidato sudah menjadi bagian dalam dunia pekerjaan atau berbisnis, tapi masih ada kesalahan yang sering dilakukan.

Di zaman sekarang orang-orang dituntut untuk bisa berbicara di hadapan banyak orang, seperti mampu melakukan presentasi atau berpidato. Kemampuan untuk berbicara di depan umum sudah menjadi salah satu kunci sukses dalam dunia pekerjaan. Tapi, masih banyak orang yang mengganggap hal itu adalah menakutkan. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui apa saja yang perlu disiapkan sebelum berpidato. Berikut ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan atau diucapkan saat kamu berpidato.


1. Membaca naskah tiap kata

Photo Credit: makeuseof

Saat berpidato memang biasanya memiliki naskah atau note untuk key point apa yang ingin dibicarakan. Tapi, jangan kamu membaca naskah tersebut secara keseluruhan. Itu merupakan cara pidato yang buruk. Tidak ada orang yang suka melihat seorang pembicara yang berbicara sambil menunduk.


2. Posisi tangan

Photo Credit: blog.visme

Masih banyak orang yang masih melakukan kesalahan saat berpidato dalam hal yang satu ini. Kesalahan dalam memposisikan kedua tangan saat berpidato itu juga mampu memperburuk jalannya pidato. Menyilangkan tangan di depan, disilang ke belakang, memasukkan ke saku celana, meremas-remas tangan, dan sebagainya, merupakan posisi tangan yang tidak boleh dilakukan saat berpidato.


3. Tidak fokus dan mata ke mana-mana

Photo Credit: Business Insider

Mungkin karena grogi dan tegang, biasanya kebanyakan orang yang berpidato menjadi tidak fokus. Ketidakfokusan ini dapat membuat pembicaran melebar ke mana-mana dan membuat pidato jadi panjang atau lama.


4. “Saya tidak punya waktu untuk persiapan”

Saat berpidato jangan pernah menyinggung tentang urusan pribadi kamu. Para penonton yang hadir tidak peduli seberapa persen kamu mempersiapkan pidato atau apa yang terjadi sebelumnya. Mereka hanya akan melihat apa yang ada di depan mata mereka. Saat kamu tidak memiliki waktu persiapan yang cukup, usahakan untuk tidak panik.


5. Komat-kamit

Photo Credit: giphy

Hal yang terpenting saat berpidato adalah apa yang kamu ingin sampaikan bisa terdengar dengan jelas dan dimengerti oleh audiens. Tapi jika kamu menyampaikannya dengan tidak baik seperti komat-kamit, suara pelan, berarti pidatomu gagal.


6. Uuummmm….

Photo Credit: giphy

Terkadang saat berpidato kamu memang membutuhkan beberapa detik untuk mengatur kata-kata, hingga perlu jeda sebelum berbicara. Tapi pastikan jangan ucapkan ‘ummm’ dalam jeda tersebut. Untuk mengatasi kekosongan pembicaraan, gunakan humor lucu hingga audiens juga tida bosan.

BACA JUGA


Berhenti Jadi Orang Rata-Rata yang Mudah Dilupakan. Inilah 5 Cara yang Membuatmu Jadi Primadona!

Berhenti Jadi Orang Rata-Rata yang Mudah Dilupakan. Inilah 5 Cara yang Membuatmu Jadi Primadona!

Menjadi orang yang rata-rata atau yang berhasil itu di tangan kamu. Hanya kamu yang bisa mengubahnya

Read more..

Semua orang tidak bisa secara langsung baik dalam melakukan sesuatu, maka dari itu dibutuhkan latihan. Sebelum kamu berpidato siapkan segala yang perlu kamu siapkan dengan baik dan berlatihlah. Latihlah seperti kamu sudah membaca di depan banyak orang. Semangat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 7 Kesalahan Saat Presentasi yang Masih Sering Dilakukan Banyak Orang. Stop Lakukan untuk Pikat Pendengar!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar