Ingin Menjadi Vlogger Profesional? Inilah 6 Modal Penting yang Harus Kamu Siapkan!

Industri Kreatif

531
Sekarang tidak hanya selebriti yang melakukannya, tapi semua orang bisa melakukannya.

Vlogging (video blogging) merupakan kegiatan yang merekam seluruh keseharian yang nantinya akan dipublikasikan melalui blog seperti YouTube. Menjadi vlogger bukanlah hal yang susah. Malah sebaliknya, dengan menjadi vlogger akan ada banyak hal yang menguntungkan, seperti bisa mengutarakan opini, didengar banyak orang, dan bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Sekarang tidak hanya selebriti yang melakukannya, tapi semua orang bisa melakukannya. Malah sudah ada banyak orang yang menjadikan hal ini sebagai cita-cita dan mata pencaharian mereka. Nah, kamu kalau mau juga bisa. Ini dia beberapa hal yang perlu disiapkan untuk menjadi seorang vlogger.


1. Konten

Photo Credit: Vlogger Gear

Walaupun terlihat mudah tapi sebagai vlogger kamu harus bisa memberikan konten yang baik bagi para audiens yang melihat. Dengan memiliki konten yang baik, matang dan kreatif akan banyak orang yang tertarik untuk melihat vlog-mu. Apalagi sekarang sudah banyak vlogger-vlogger, kamu harus bisa memberikan konten yang menarik. Dapatkan banyak ide untuk konten-konten video dengan cara menonton video orang lain.


2. Alat yang diperlukan

Photo Credit: marieclaire.co.uk

Menjadi vlogger ada beberapa alat yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan video yang baik. Pertama adalah kamera. Sebagai vlogger, kamera merupakan senjata utama yang tidak boleh terlupakan. Memang bisa gunakan kamera dari smartphone-mu, apalagi kamera smartphone sudah banyak yang kualitasnya bagus. Tapi untuk terlihat lebih baik dan professional kamu bisa gunakan kamera yang sekarang sudah kebanyakan dipakai sebagai vlogger. Selain kamera, ada tripod dan pencahayaan yang bisa membantu membuat videomu lebih terlihat bagus.


3. Kepercayaan diri

Photo Credit: The Telegraph

Karena vlog merekam kegiatan keseharian kamu, seharusnya kamu bisa menunjukkan diri kamu lewat karakter aslimu. Tunjukkan versi terbaik kamu. Dengan percaya diri, kamu merekam diri kamu sendiri. Buat video seperti kamu pergi bersama dengan audiens, supaya di saat mereka menonton videomu, mereka merasa bagai bersama-sama dengan kamu.


4. Kemampuan mengedit video

Photo Credit: Youtube

Kemampuan ini juga perlu untuk setiap vlogger. Setelah merekam video kamu juga perlu untuk menyuntingnya. Mungkin tidak biasa dan susah di awal. Tapi setelah kamu biasa melakukannya, perlahan-lahan kamu belajar. Ada banyak aplikasi atau software untuk mengedit video. Pilihlah yang cocok dan sesuai untuk kamu.


5. Punya banyak file musik terbaru

Photo Credit: Andrew Ambrosino

Untuk menjadikan videomu lebih menarik. Kamu bisa taruh musik atau lagu sebagai background videonya. Atau bisa kamu tambahkan beberapa efek suara yang mendukung video. Jadi saat ditonton video tidak terasa kosong.


6. Promosi

Photo Credit: Youtube

Setelah video vlog-mu jadi, lakukan promosi. Bisa kamu buat teaser dan sebarkan di media sosial kamu. Atau kamu juga bisa bantu teman-teman untuk bantu promosi. Semakin banyak promosi yang dilakukan, akan banyak orang yang melihat dan tertarik untuk melihat vlog-mu.

BACA JUGA


Strategi Mengubah Usaha Kecil Mengenaskan Menjadi Usaha Kaya Miliaran

Strategi Mengubah Usaha Kecil Mengenaskan Menjadi Usaha Kaya Miliaran

Transformasi selalu dibutuhkan. Agar tetap relevan dengan zaman. Agar tetap bisa terus berlari di depan para pesaing yang lebih gesit dan ...

Read more..

Nah, itu dia yang perlu kamu siapkan untuk menjadi vlogger. Selamat mencoba dan lakukan dengan senang hati.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Menjadi Vlogger Profesional? Inilah 6 Modal Penting yang Harus Kamu Siapkan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar