Indonesia Menjadi Raksasa Ekonomi Bersama China dan India di Tahun 2030?

Kabar

Photo Credit: suarakebebasan

619
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Selain itu dengan menjadi negara yang memiliki kontribusi terbesar di ASEAN, Indonesia diprediksi dapat menduduki posisi keempat ekonomi terbesar pada tahun 2030.

Bisa diketahui bahwa lima negara yang mendominasi ekonomi dunia adalah China, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, dan Inggris. Tapi, negara-negara berkembang akan bangkit dan mengambil peringkat raksasa tersebut. Diambil dari studi Preicewaterhouse Cooper, tertulis bahwa negara berkembang seperti India dan Brasil akan tumbuh pesat mengalahkan Amerika Serikat dan China. Dalam laporan tersebut juga memberikan informasi pengurutan negara dengan Produk Domestik Bruto (PDB). Negara mana saja yang diprediksi masuk lima besar raksasa ekonomi?


1. China US$ 54,5 triliun

Photo Credit: themalaysianreserve

Negara sosialis/komunis ini diprediksi pada tahun 2030 menjadi negara adikuasa dalam ekonomi. Saat ini PDB China mencapai US$ 5,9 triliun yang menjadikan dia raksasa kedua terbesar dunia. China menguasai 24 persen ekonomi dunia dengan jumlah penduduk tertinggi. Apalagi pendidikan di China juga akan melonjak tinggi.


2. India US$ 44,13 triliun

Photo Credit: jagranjosh

Pada tahun 2030, PDB India diperkirakan mencapai US$ 40 triliun. Dari tahun 2000 India telah berhasil meningkatkan investasi dari 24 persen menjadi 40 persen pada tahun 2010. Selain itu ada beebrapa sistem ekonomi India yang mampu membangun perekonomiannya lebih maju. Di antarany,a ada pertukaran asing sebesar US$ 143 miliar, adanya industri dalam pertambangan, peroleum, pengasahan berlian, film, tekstil, teknologi informasi, dan kerajinan tangan.


3. Amerika Serikat US$ 34,1 triliun


Photo Credit: newsfirst

Sampai saat ini Amerika masih tetap menduduki tingkat pertama ekonomi terbesar di dunia. Dari tahun 2012 di mana Amerika memiliki PDB setara dengan seperempat PDB nominal dunia, yaitu US$ 15,8 triliun, sampai saat ini tetap mengalami pertumbuhan PDB yang stabil. Dengan memiliki SDM yang besar, infrastruktur yang maju, serta produktivitas yang tinggi membuat Amerika akan tetap berada di lima raksasa ekonomi dunia pada tahun 2030.


4. Indonesia US$10,5 triliun

Photo Credit: suarakebebasan

Negara berkembang yang satu ini akan menggeser Jepang yang saat ini memiliki ekonomi peringkat ketiga besar dunia. Indonesia merupakan negara penting di ASEAN. Dari 565 juta populasi ASEAN, 40 persennya adalah Indonesia. Selain itu, 50 persen PDB. ASEAN juga dikuasai oleh Indonesia. Setiap tahunnya pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 7 persen.


5. Brasil US$7,54 triliun


Photo Credit: aboutbrasil

Brasil merupakan bagian Amerika Latin yang memiliki ekonomi yang besar. Dari tahun 2000 Brasil telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan, yaitu peningkatan 5 persen tiap tahunnya. Selain itu, Brazil juga merupakan anggota dari organisasi ekonomi seperti Mercosur, Unasul, G8+5, G21, WTO, dan Cairns Group.

BACA JUGA


Tips Bijak Gunakan Kartu Kredit Biar Nggak Terjebak Utang!

Tips Bijak Gunakan Kartu Kredit Biar Nggak Terjebak Utang!

Tidak gunakan kartu kredit dengan pintar kamu akan terbelit hutang dan memiliki gaya hidup konsumtif yang membuat tambah lama keuanganmu ...

Read more..

Perkiraaan perekonomian di atas dapat sangat mempengaruhi peluang pertumbuhan ekonomi bisnis di Indonesia sendiri. Apakah kamu siap menghadapinya?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Indonesia Menjadi Raksasa Ekonomi Bersama China dan India di Tahun 2030?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar