Indahnya Perayaan Diwali atau Deepavali di Berbagai Negara. Tradisi Umat Hindu yang Penuh Cahaya!

Piknik

image credit: okezone.com

539
Tahukah kamu kalau Diwali adalah salah satu tradisi umat Hindu yang begitu unik? Ternyata, banyak sekali loh bentuk perayaannya di berbagai negara.

Tahukah kamu, ada salah satu tradisi umat Hindu yang begitu unik. Iya, tradisi ini biasanya disebut sebagai Diwali atau Deepavali. Wah, apa itu? Pada dasarnya, dalam agama Hindu, Diwali berarti festival cahaya. Mengapa disebut demikian? Deepa dapat diartikan sebagai cahaya dan Wali adalah jalan. Pada akhirnya, perayaan Diwali sendiri melambangkan kemenangan dari kebaikan atas keburukan. Dirayakan tiap tahunnya di bulan Oktober atau November. Sesuai dengan kalender Hindu yang jatuh pada bulan Ashwayuja. Di beberapa negara, Diwali sendiri telah menjadi hari libur nasional. Lalu, banyak pula bentuk perayaan yang ada. Biasanya, terdapat radisi 5 hari untuk menyemarakan hari Diwali. Pastinya, bentuk perayaan di setiap negara akan berbeda-beda. Wah, kira-kira akan seperti apa, ya?


1. Galungan: Diwali versi Indonesia

image credit: okezone.com

Pulau Dewata merupakan pulau yang paling banyak dihuni oleh para pemeluk agama Hindu. Nah, Galungan merupakan salah satu tradisi agama Hindu yang merayakan kemenangan dari kebaikan terhadap keburukan. Dapat dikatakan kalau Galungan ini merupakan Diwali versi Indonesia. Yang spesial dari Galungan adalah, penanggalan serta ritual yang dijalankan diturunkan dari kalender dan kebudayaan Bali.

Pada dasarnya, yang harus kamu tahu adalah, Galungan itu menandai saat roh leluhur datang ke bumi. Hari akhir perayaan Galungan disebut dengan Kuningan. Nah, pada saat Kuningan inilah para roh leluhur kembali. Pada tahun ini, ada yang spesial, loh. Perayaan hari Diwali atau Galungan dijadikan hari libur fakultatif oleh Pemerintah Daerah Bali. Wah, tentunya semakin menyenangkan bukan perayaannya?


2. Little India di Singapura

image credit: en.ce.cn

Tahukah kamu, di Singapura, Diwali dikukuhkan sebagai hari libur umum. Di Singapura sendiri, Diwali dirayakan oleh masyarakat India (Tamil). Salah satu bentuk tradisi yang ada adalah, menyalakan cahaya di distrik Little India. Selain penyalaan lampu, ada juga loh bazar, pameran, parade, dan konser yang diselenggarakan. Selain itu, The Hindu Endowment Board of Singapore yang bekerja sama dengan Pemerintah Singapura banyak menyelenggarakan acara kebudayaan yang pastinya meriah untuk merayakan Diwali. Tentunya, seru sekali merayakan festival cahaya di negara mungil ini.


3. Dekorasi Lampu Cantik di Inggris

image credit: readerdigest.co.uk

Tahukah kamu, orang-orang India yang tinggal di Inggris juga merayakan Diwali dengan antusias, loh. Rumah-rumah dibersihkan dan didekorasi dengan lampu dan juga lilin. Selain itu, masing-masing warga bertukar makanan manis, lalu berkumpul dalam satu kelompok untuk melakukan upacara keagaaman. Satu hal penting yang harus kamu tahu adalah, Diwali merupakan saat yang tepat bagi orang-orang India ini untuk menghubungi keluarga masing-masing dan tentunya bertukar kado. Hem, menyenangkans sekali bukan? Pastinya, Diwali dapat membuka kesempatan untuk saling berhubungan kembali.


4. Kembang api dan makanan manis di Mauritius

image credit: shutterstock.com

Banyak negara yang telah menjadikan Diwali sebagai hari libur nasional, begitu pula dengan Mauritius. Satu minggu sebelum hari Diwali tiba, banyak sekali bangunan-bangunan seperti kantor, supermarket, dan lainnya yang dihiasi oleh lampu-lampu. Begitu pula dengan rumah-rumah penduduk. Yang pasti, berwarna-warni deh supaya bisa memeriahkan Diwali. Lalu, banyak juga yang merayakan Diwali dengan menyediakan banyak makanan manis seperti burfi, ladoo, dan lainnya. Kemudian, makanan manis ini pun dibagikan ke keluarga dan juga teman. Tak lupa, kembang api pun dinyalakan di hari Diwali. Doa juga dipanjatkan untuk mengenang Dewa Rama, Dewi Laksmi, dan Dewa-Dewi lainnya. Jadi penasaran nggak, sih?


5. Pertunjukan musik dan tari di Australia

image credit: indiawest.com

Di Australia, Diwali dirayakan oleh orang keturuan india dan juga penduduk lokal di Brisbane ataupun Melbourne. Federation Square biasanya menjadi tempat penyelenggaraan perayaan Diwali. Saat ini, Diwali telah menjadi bagian dari kalender Melbourne Arts dan dirayakan hampir selama seminggu di Melbourse. Di festival yang diselenggarakan di Federation Square, terkadang diselenggarakan pula pertunjukan musik dan tari tradisional India. Ada pula kerajinan tangan dan berbagai macam masakan khas yang dipamerkan. Tak lupa, kembang api pun ada!

BACA JUGA


Kamu Pencinta Bunga? 5 Festival Bunga di Belanda Ini Wajib Kamu Datangi Paling Tidak Sekali Seumur Hidup!

Kamu Pencinta Bunga? 5 Festival Bunga di Belanda Ini Wajib Kamu Datangi Paling Tidak Sekali Seumur Hidup!

Festival dan parade bunga di Belanda bisa kamu jadikan salah satu destinasi impian kamu, nih. Karena, di sana terdapat ribuan hamparan bunga ...

Read more..

Nah, itulah beberapa perayaan Diwali di berbagai negara. Pada dasarnya, perayaan yang ada akan bergantung dari budaya yang ada. Sehingga, bentuknya pun akan berbeda. Yang pasti, satu hal yang ingin disyukuri dalam Diwali, bahwa pada akhirnya keburukan dapat dikalahkan oleh kebaikan. Selamat hari Diwali!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Indahnya Perayaan Diwali atau Deepavali di Berbagai Negara. Tradisi Umat Hindu yang Penuh Cahaya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Puji P. Rahayu | @PujiPRahayu

The Sun and the Red Glow of the Dawn. Passionate on reading and writing. Grateful for everything that happened in my life.

Silahkan login untuk memberi komentar