Gagal Diterima Bekerja Bukan Akhir Dunia. Hadapi Penolakan dan Dapatkan Pekerjaan dengan 7 Hal Ini!

Kerja

Credit: imgur

381
7 hal ini bisa membuat kamu memiliki cara pikir yang berbeda dan akhirnya bangkit dari rasa sedih akibat gagal diterima bekerja.

Mendapatkan penolakan saat melamar pekerjaan biasanya membuat kamu kehilangan kepercayaan diri. Mereka yang ditolak akan mudah putus asa dan tidak bisa melihat gambaran yang lebih besar di depan mereka. Penolakan biasanya sering dianggap menjadi sebuah kegagalan. Tapi, sebenarnya jika kamu melihat dari sudut pandang yang lain, hal ini dapat berguna untuk meningkatkan kemampuan dan dapat membantumu menemukan pekerjaan yang paling sesuai untuk kamu.

7 hal ini bisa membuat kamu memiliki cara pikir yang berbeda dan akhirnya bangkit dari rasa sedih akibat gagal diterima bekerja.


1. Melihat dari sisi positif

photo credit: ExecuNet

Mungkin kamu memang ditolak bekerja di perusahaan tersebut, tapi kamu bisa belajar dari pengalaman kamu ini. Setiap orang belajar dari pengalaman hidup mereka termasuk penolakan bekerja. Kamu mungkin tidak bisa berhenti bertanya-tanya kenapa kamu ditolak karena biasanya tidak ada feedback dari perusahaan mengenai alasan tersebut. Tapi, daripada terus-menerus tenggelam dalam rasa kecewa, fokuskan pikiran kamu pada kesempatan lain dengan tetap terus berusaha.


2. Mengatasi masalah saat proses seleksi

Credit: best-job-interview

Salah satu alasan pencari pekerjaan ditolak saat melamar adalah kurangnya pengetahuan teknis yang dimiliki. Sehingga, kamu butuh mengembangkan pengetahuan teknis yang kamu miliki lebih dalam. Selanjutnya adalah kesalahan saat melakukan wawancara. Para kandidat yang menghadapi wawancara pasti akan merasa tegang dan akhirnya melakukan kesalahan. Baik pengucapan kata yang salah, miscommunication, sampai kecepatan berbicara yang akhirnya dapat memperburuk penilaian wawancara. Kamu harus belajar menenangkan diri dan jangan terlalu terbawa dengan suasana yang tegang. Cobalah untuk selalu percaya diri.


3. Belajar rendah hati

photo credit: Daily Mail

Setiap prestasi dan kemampuan yang kamu miliki memang merupakan nilai tambahan bagi kamu. Tapi jika kamu terlalu menyombongkan diri akan hal tersebut, perusahaan akan menganggap kamu orang yang angkuh. Hal ini bisa menjadi pertimbangan kenapa kamu ditolak. Jika benar hal itu alasannya, maka berubahlah dan bersikaplah rendah hati. Kesombongan dapat menghancurkan karier kamu di kemudian hari.


4. Berpikir secara realistis

photo credit: SHRM

Memiliki pengharapan untuk diterima bekerja memang boleh dan harus. Tapi, menaruh harapan secara berlebihan hanya akan membuat kamu sakit hati. Maka dari itu, saat kamu melamar sebuah pekerjaan berharaplah agar diterima, tapi juga perlu bersikap realistis dan punya pemikiran yang terbuka, sehingga apa pun hasilnya nanti kamu tetap dapat menerina dengan hati yang lapang.


5. Lamar ke beberapa perusahaan

Credit: forbesimg

Jangan pernah melamar pekerjaan hanya ke satu perusahaan. Masih ada banyak perusahaan dan lowongan pekerjaan lain. J Kirim lamaran di beberapa tempat. Sehingga, apabila ditolak, kamu masih memiliki cadangan yang lain.


6. Terus berusaha dan optimis

Kini kamu sudah memiliki sudut pandang yang lain, sudah tahu kesalahan-kesalahan kamu, belajar dari pengalaman sebelumnya , an tidak putus asa. Maka, tetaplah berusaha dan optimis bahwa kamu akan mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Percayalah di balik kegagalan akan selalu ada kesempatan lain yang terbuka menuju kesuksesan.


7. Hasil yang baik muncul karena usaha yang tinggi

Kerja keras, harapan, dan usaha kamu untuk mendapatkan pekerjaan, segala prestasi serta kemampuan kamu itu akan membawa hasil yang baik nantinya. Terus berusaha untuk mewujudkannya dan jangan putus asa.

BACA JUGA


Dapatkan Pekerjaan dengan Mudah Pakai 8 Aplikasi Terpercaya Berikut Ini!

Dapatkan Pekerjaan dengan Mudah Pakai 8 Aplikasi Terpercaya Berikut Ini!

Kamu yang sedang cari pekerjaan, aplikasi-aplikasi ini bisa bantu kamu lebih mudah mendapatkan pekerjaan nih

Read more..

Ingat, penolakan bukanlah sebuah kegagalan tapi kesempatan kamu mendapatkan pekerjaan yang lebih tepat. Terus semangat dan berjuang sekuat tenaga!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gagal Diterima Bekerja Bukan Akhir Dunia. Hadapi Penolakan dan Dapatkan Pekerjaan dengan 7 Hal Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar