Fenomena Galakan yang Ditagih Utang Daripada yang Diutangin. Ternyata Ini Nih Sebabnya!

Gaya Hidup

photo credit: The Malaysian Medical Gazette

2.5K
Sudah bukan hal aneh lagi melihat seseorang menjadi lebih galak saat ditagih utang.

Kamu mungkin pernah mengalami situasi seperti ini: kamu hendak menagih utang temanmu lalu tanpa angin tanpa hujan, temanmu itu berubah galak dan marah-marah.

Iya, entah kenapa fenomena “galak saat ditagih utang” itu jadi sering terjadi belakangan ini. Padahal jika dilihat dari posisinya, temanmu itu sebetulnya tidak berhak galak apalagi sampai memarahi kamu. Justru kamulah yang lebih berhak untuk galak.

Tetapi sebelum kamu ikut berubah galak dan marah-marah karena merasa lebih berhak, ada baiknya kamu mengetahui sebab-sebab seseorang bisa menjadi sangat galak saat utangnya ditagih.


1. Sedang ada masalah

photo credit: Meditate in London

Saat seseorang sedang tertimpa masalah, biasanya mood mereka akan terpengaruh. Kemudian kamu pun datang dengan niat menagih utang orang tersebut. Maka, mood yang tadinya sudah rusak bakal tambah rusak lagi. Akhirnya, dia pun gampang menjadi tempramental.


2. Kamu dianggap rewel

photo credit: The Malaysian Medical Gazette

Ada jenis orang yang menganggap utang mereka padamu bukan hal yang harus ditanggapi dengan serius. Akibatnya, ketika kamu muncul untuk menagih, mereka akan menganggapmu telalu rewel dan membesar-besarkan masalah. Malah, sebagian dari orang jenis ini akan berkata, “Ah, elah, utang segitu doang ditagih-tagih mulu, sih!”

Menyebalkan, bukan?


3. Merasa tersinggung

photo credit: hubpages

Selain ejekan atau hinaan, seseorang juga bisa merasa tersinggung ketika kamu datang untuk menagih utang. Dan tebak apa yang orang akan lakukan saat tersinggung? Menjadi jauh lebih sensitif dan mudah marah tentunya.


4. Berusaha mempertahankan harga diri

Bagi sebagian orang, ditagih utang adalah salah satu hal yang memalukan. Saat berada dalam situasi yang memalukan, seseorang akan merasa harga dirinya turun. Secara naluri manusia akan bereaksi untuk mempertahankan harga dirinya itu dan salah satu cara paling cepat dan dianggap efektif adalah dengan bersikap agresif alias galak.


5. Pemarah dari sananya

Untuk poin ini sepertinya tidak ada yang bisa dijelaskan lebih jauh lagi. Kalau orang yang kamu utangi ternyata sudah pemarah dari sananya, maka wajar saja jika dia akan menunjukkan sifatnya itu ketika kamu menagih utangnya.

Orang yang berutang memang tidak punya hak untuk berubah galak atau marah-marah saat kamu datang menagih. Tetapi kamu juga sebetulnya tidak boleh melawan dengan agresifitas yang sama hanya karena kamu merasa lebih berhak marah-marah.

Tetap jaga emosi kamu. Jangan sampai persoalan utang ini malah meretakkan hubungan kamu dengan orang lain.

Kamu punya pengalaman dimarah-marahi saat menagih utang? Ceritakan di sini, ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Fenomena Galakan yang Ditagih Utang Daripada yang Diutangin. Ternyata Ini Nih Sebabnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar

Alibaba Alibabi | @alibabaalibabi

hmmm emang susah ya, Harga Emas Hari Ini