Fatah Iskandar Akbar, Founder DokterSiaga.com: Passion yang Kuat Tidak Akan Membuatmu Mundur

Sosok

1.4K
Pemilik nama lengkap Fatah Iskandar Akbar, dengan akun Twitter @fatahkaio ini adalah founder dari doktersiaga, sebuah startup di bidang kesehatan. Penggemar nasi padang dan Guns and Roses khususnya lagu Patience ini bermurah hati untuk berbagi bersama Virala tentang bagaimana dan mengapa doktersiaga harus dimunculkan di Indonesia, dan apa saja mimpinya-mimpinya ke depan dalam dunia teknologi.

Bila harus dideskripsikan, seperti apa sih perjalanan hidup Mas Fatah hingga menjadi seperti sekarang?

Perjalanan hidup saya sangat panjang. Saya berasal dari keluarga yang sederhana. Ayah saya seorang abdi negara sebagai tentara dan ibu saya, ibu rumah tangga. Di keluarga saya tidak ada yang menjadi pengusaha. Saya menjadi pengusaha karena saya ingin bebas, bebas mengatur waktu saya sendiri, bebas mewujudkan ide-ide gila, dan lain-lain. Pertama membuat usaha di tahun 2002 bersama sama teman-teman kuliah, tapi karena kami semua orang-orang produksi, jadi hanya bisa produksi saja, sehingga hanya bertahan 1 tahun.

Selanjutnya di tahun 2006 saya bertemu partner dan mendirikan software house yaitu PT Asacreative Technology Indonesia. Dan di tahun 2010 saya jual dan mendirikan Kaio Soft. Yang sama–sama bergerak di bidang software house dan berbasis proyek.

Di tahun 2015 Kaio Soft membuat produk baru yaitu doktersiaga, online healthcare platform. Yang menghubungkan pasien dengan dokternya di dalam satu platform kesehatan berbasis online. Sampai saat ini pun saya masih merasa belum sukses karena bagi saya kesuksesan hanya ada di akhir hayat kita. Karena pada titik tersebut kita sudah tidak dapat bergerak lagi.

Bagaimana cara orang tua mendidik?

Orang tua membekali ilmu agama sejak saya kecil dan selalu mengingatkan anak-anaknya untuk selalu jujur.

Apakah pernah menemukan ‘aha moment’? Sebuah momen di mana itu adalah sebuah langkah berani ataupun langkah awal dari perubahan positif yang membawa Mas Fatah hingga menjadi seperti sekarang?

Ada dua momen yang berpengaruh di dalam hidup saya. Pertama di tahun 2002 memutuskan untuk resign dari pekerjaan sebagai karyawan untuk fokus membangun bisnis bersama-sama teman kuliah dan yang kedua di akhir tahun 2014 memutuskan untuk fokus membuat produk, karena fokus jadi saya tidak menerima proyek–proyek pembuatan software pada saat itu. Di kedua momen ini sama–sama mempunyai tingkat risiko yang tinggi, Tetapi, jika kita ingin maju ya harus berani mengmbil risiko.

Keluarga dan teman. Apakah selama ini mereka cukup suportif dalam mendukung apa yang Mas Fatah citakan? Bagaimana bentuk dukungan mereka?

Dukungan keluarga sangat besar dan berarti bagi saya, begitupun dengan teman–teman dekat saya. Bentuk dukunganya biasanya dalam bentuk support atau saran bahkan terkadang dukungan finansial juga.

Tentu saja Mas Fatah sudah melakukan banyak hal hingga ke titik ini. Namun, adakah hal lain yang sebenarnya ingin dilakukan baik untuk diri sendiri maupun orang lain yang sampai saat ini belum terlaksana, dan apakah Mas Fatah merasakan bahwa memberikan makna ke orang lain lebih berarti daripada menyenangkan diri sendiri?

Masih banyak hal lain yang belum terwujud dan semuanya masih dalam platform-nya doktersiaga. Sebagai contoh Smart Reservation nya doktersiaga masih dalam development dan banyak mengalami kendala di non teknis, begitu juga Panic Button-nya doktersiaga masih terkendala resource developer-nya. Konsepnya hamper sama dengan 911 tapi dengan menggunakan mobile device sehingga lokasi user otomatis sudah dapat terdeteksi oleh operator, tanpa user harus menyebutkan lokasi dia berada.

Memberikan makna kepada orang lain lebih berarti. Karena orang hebat bukanlah tentang apa yg dia punya tapi tentang apa yang dia berikan untuk umat manusia. Apa yang kita punya dalam waktu sekejap saja bisa hilang, jika Tuhan menginginkan. Tapi apa yang telah kita berikan akan kekal abadi, tidak hilang bahkan di konversi menjadi amal ibadah.

Mungkin jika saya lebih ingin menyenangkan diri sendiri, lebih baik saya gunakan uangnya untuk traveling seperti yang di lakukan oleh orang–orang normal lainya, hahahaha …. Dulu saya pernah punya karyawan awalnya dia adalah seorang supir. Tapi saya lihat dia tertarik dengan dunia IT dan pelan–pelan saya ajarkan membetulkan PC, membuat website dan ilmu–ilmu marketing. Sekarang dia sudah menjadi direktur di perusahaanya sendiri.

Selain itu saya juga senang berbagi pengalaman saya selama menjalankan usaha, baik itu menjadi narasumber di sebuah seminar, ataupun memberikan kuliah Kapita Selekta di berbagai macam kampus.

Mas Fatah sudah membuat startup DokterSiaga, sebenarnya yang Mas Fatah tawarkan dari startup tersebut?

Tujuan saya membuat doktersiaga bukanlah semata mata karena materi tapi lebih ke pelayanan publiknya, karena visi dari doktersiaga yaitu menyediakan layanan kesehatan berbasis online untuk masyarakat Indonesia. Tentunya layanan yang doktersiaga maksud ini adalah layanan pendukungnya seperti konsultasi dokter online, memberikan informasi kesehatan yang benar sehingga tidak ada lagi mitos–mitos kesehatan yang menyesatkan. Intinya dengan hadirnya doktersiaga saya mengharapkan dapat meningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Harapan perubahan apa yang Mas Fatah harapkan dari para user dan pelanggan?

Harapan saya bagi user dan pelanggan doktersiaga adalah adanya peningkatan mutu playanan kesehatan misalnya waktu tunggu pasien tidak terlalu lama, biaya berobat jauh lebih murah, masyrakat menjadi lebih disiplin dalam mengantri dan bagi dokter, biaya kuliah kedokteran menjadi lebih murah sehingga dapat melahirkan banyak dokter–dokter atau dokter spesialis baru

Pengalaman paling berkesan apa selama menjadi startup founder?

Pwngalaman yang berkesan saat membangun startup yaitu saat bertemu dengan orang–orang hebat seperti Sandiaga Uno, Ibu Shinta (Bubu) dan Steven Vanada. Pada saat saya memulai bisnis di tahun 2002 mencari investor adalah hal yang sulit sekali karena pada saat itu para investor tidak memasang plang nama dan juga tidak ada akses menuju ke situ. Berbeda degan kondisi sekarang. Kita dapat degan mudahnya bertemu dgn investor–investor. Apalagi setelah doktersiaga bergabung menjadi startup inhouse-nya GEPI banyak peluang yang doktersiaga dapatkan.

Apa yang membuat Mas Fatah tetap konsisten di jalur hidup yang tetap dijalani hingga saat ini, dan sebenarnya apa yang tengah Mas Fatah perjuangkan di setiap karya maupun aktivitasnya?

Yang membuat saya tetap konsisten karena hobi dan passion. Teknologi khususnya IT merupakan hobi saya sedangkan membangun & menjalankan bisnis merupakan passion saya karena di situ kita banyak mengalami adventure yang mengasyikan. Senang susah, sedih gembira semuanya kita alami. Membuat hidup menjadi lebih lengkap.

Apa arti passion bagi Mas Fatah, dan apakah cukup dengan passion yang kuat saja kita bisa menjadi sosok yang akan sampai kepada apa yang dicitakan? Mengapa?

Saya rasa passion merupakan modal dasar untuk menjadi sukses. Tapi passion saja tidak cukup, diperlukan keahlian lainya seperti networking, keahlian menjalin hubungan dengan relasi bisnis, kemampuan managerial dan mengelola resource yang ada. Semuanya ini dibutuhkan untuk mempercepat proses pencapaian cita–cita yang di inginkan. Passion berperan aktif pada saat kita mengalami kegagalan, bagi yang memiliki passion yang kuat kegagalan bukan menjadi alasan untuk mundur.

Bagaimana Mas Fatah mendefinisikan Indonesia, dan apakah tinggal di Indonesia memiliki pengaruh dalam berkreativitas dan menyalurkan passion serta berkarya?

Indonesia adalah negeri yang indah, kaya raya dengan sumber daya alamnya dan jumlah penduduknya yang luar biasa besarnya menjadikan Indonesia sebagai negara seksi bagi para produsen. Sayangnya dengan melimpahnya sumber daya alam membuat kita menjadi terlena, sehingga lebih banyak menghabiskan waktunya untuk hal–hal tidak bermanfaat. Sehingga orang–orang yang mempunyai kreativitas tinggi sering dianggap aneh atau bahkan dihambat jalanya.

Hingga saat ini, siapa mentor terbaik Mas Fatah?

Mentor pertama saya adalah Log Zhelebour seorang promotor music rock terkenal di Indonesia, walaupun tidak secara resmi sebagai mentor tapi saya banyak belajar dari beliau cara mengangkat seorang biasa menjadi artis terkenal, menyiapkan materi–materi yang di butuhkanya, mempublikasikanya ke media dan bagaimana berhadapan dengan fansnya. Dan mentor yang kedua yaitu Sandiaga Uno. Dari beliau juga saya belajar mengenai investasi dan bisnis.

Lima tahun dari sekarang, hal menarik apa yang Mas Fatah rencanakan ingin lakukan, namun belum sempat untuk diwujudkan sekarang?

Ini adalah bagian yang paling menarik, mewujudkan mimpi besar yaitu menjadikan doktersiaga sebagai global player khususnya di platform kesehatan. Tidak mudah memang akan banyak adventure yang mengasyikan. Saya percaya suatu saat akan terwujud karena di bulan Mei 2016 kemaren doktersiaga menjadi top 10 versi GnB Accelerator batch 1. GnB adalah accelerator yang di bentuk oleh Fenox VC dengan Infocom.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Fatah Iskandar Akbar, Founder DokterSiaga.com: Passion yang Kuat Tidak Akan Membuatmu Mundur". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fachmy Casofa | @fachmycasofa

Managing Editor Virala.id. Writer of best seller national book, Habibie Tak Boleh Lelah dan Kalah!, Founder Satria Foundation and Epixplay Karya Indonesia | www.fachmycasofa.com or fachmycasofa@gmail.com for more creative collaboration.

Silahkan login untuk memberi komentar