5 Langkah Membuat DIY Travel Frame Murah Meriah Ini Harus Kamu Coba

Berkarya

1.7K
Sama halnya dengan banyak orang, saya juga suka mengoleksi souvenir setiap kali saya melakukan perjalanan ke tempat baru. Tetapi, dibandingkan mengumpulkan magnet, gelas, gantungan kunci, dan barang–barang souvenir lainnya, saya lebih suka mengoleksi barang–barang seperti peta, tiket transportasi yang saya pakai, brosur tempat yang saya kunjungi dan mata uang lokal.

Awalnya saya sempat mencoba untuk mengoleksi souvenir tertentu, seperti magnet. Namun, dikarenakan saya sering lupa, atau lebih tepatnya sih enggak dibela–belain, untuk membelinya sebelum pulang, akhirnya menyadari bahwa saya bukan tipe orang yang suka belanja souvenir.

Semenjak itu, saya hanya membeli souvenir yang benar–benar saya suka dan tentunya yang bisa mengingatkan saya kepada negara atau kota yang saya kunjungi tersebut.

Hal lainnya adalah kebiasaan saya yang sulit untuk membuang barang–barang tersebut–-tiket, peta dan brosur–-dikarenakan keberadaan mereka yang mampu mengingatkan saya dengan berbagai memori yang saya dapatkan saat melakukan sebuah perjalanan. As cheesy as it might sound that I do not only tend to collect things, but what’s more important is the story behind each of them.

Suatu hari saya menyadari bahwa saya perlu mengorganisir barang-barang yang telah saya kumpulkan saat melakukan perjalanan beberapa tahun ini, dan salah satunya adalah dengan menggabungkan mereka menjadi sebuah hal yang dapat mengingatkan saya dengan mudah tentang perjalanan dan tempat favorit saya.

Ide pertama yang terlintas di benak saya adalah membuat scrapbook yang berisi kumpulan dari perjalanan saya. Namun, dikarenakan dalam membuat scrapbook memerlukan waktu luang yang cukup banyak dan saya enggak sempat untuk membuatnya, maka akhirnya saya memutuskan untuk membuat sebuah “travel frame”.

Sesuai dengan namanya, ide pertama yang terlintas ketika ingin membuat travel frame ini adalah menaruh koleksi perjalanan saya ke dalam sebuah frame foto atau scrapbook. Kalau kamu suka jalan–jalan ke toko buku dan melihat ke bagian scrapbook, pasti udah familiar dengan scrapbook frame ini.

Lagi–lagi, ide saya berubah setelah saya membuat scrapbook frame yang pertama.

Pertama, harga frame-nya yang sangat mahal. Bahkan sekalipun saya mencari frame foto biasa, harga termurah yang saya temukan adalah Rp 25.000, yang mana akhirnya rusak dalam hitungan hari. Hal lainnya adalah karena mereka enggak terlalu mudah untuk dibawa dan disimpan. Seandainya suatu hari saya pindah ke tempat baru, rasanya akan sulit untuk membawa semua frame karena mereka membutuhkan tempat yang lebih besar untuk disimpan.

Memang benar kata orang–orang, bahwa terkadang kegagalan itu penting karena dengan kegagalan bisa menstimulasi kita supaya bisa lebih kreatif. Setelah frame kedua yang saya beli telah rusak, saya sangat bimbang apakah saya perlu membeli frame baru. Namun, ada beberapa pertanyaan yang muncul di pikiran saya.

“Bagaimana jika frame yang akan saya beli nanti tidak akan bertahan lama seperti frame sebelumnya?”

Di situlah tiba–tiba muncul sebuah ide baru untuk menggantungkannya tanpa sebuah frame. Kenapa saya harus membuang–buang uang untuk membeli sebuah frame mahal, jika saya bisa membuat travel frame dengan cara yang lebih murah?

Kenapa saya membuat hidup saya menjadi sulit jika saya bisa membuatnya menjadi mudah?


Untuk membuat travel frame ini kamu membutuhkan dua hal utama, yaitu frame supplies dan travel supplies. Berikut ini adalah bahan–bahan untuk membuat frame supplies:

- Karton (lebih tebal dari duplex)

- Gunting/cutter

- Penggaris

- Metal binder clip

- Double tap

- Scotch tape atau jenis decorative tape lainnya

Sementara itu, bahan-bahan untuk travel supplies adalah koleksi yang dikumpulkan selama perjalanan seperti peta, mata uang, postcard, gantungan kunci, tiket, dan souvenir lainnya yang telah dibeli atau didapatkan saat perjalanan.


Langkah selanjutnya setelah semua bahan–bahan tersebut sudah terkumpul, maka kamu bisa mulai langkah berikut ini:

1 - Ukur karton yang telah tersedia menjadi 30x25cm (ini adalah standard ukuran untuk frame foto). Tapi kalau kamu memiliki preferensi ukuran lain, bisa disesuaikan kembali.

2 - Gunting karton yang telah diukur tersebut dengan menggunakan gunting atau cutter. Namun saran saya sebaiknya menggunakan cutter untuk mempermudah dan mendapatkan hasil yang lebih rapih.

3 - Tempelkan berbagai travel supplies di karton tersebut dengan menggunakan berbagai tape yang sesuai dengan preferensi kamu.

4 - Gunakan binder clip untuk menggantung karton tersebut. Untuk ukuran karton 30x25cm, saya menggunakan binder clip ukuran 4”.




5 - Voila! Your travel frame is done!

Rasanya selalu menyenangkan setiap kali melihat travel frame ini, bukan hanya karena mereka mengingatkan saya dengan memori perjalanan di tempat–tempat yang telah saya kunjungi, tetapi juga memberikan kepuasan tersendiri karena saya telah membuat keputusan yang tepat dengan hanya mengeluarkan uang kurang dari Rp 15.000 per frame.






Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Langkah Membuat DIY Travel Frame Murah Meriah Ini Harus Kamu Coba". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nazura Gulfira | @nazura

I love blogging for the sake of keeping some memories alive in my mind and sharing my perspective on the world and the life that I have been living in.

Silahkan login untuk memberi komentar