Deretan Kafe Para Pencinta Buku yang Wajib Kamu Kunjungi Nih!

Piknik

Sumber: www.instagram.com/tunasoup_

3K
Banyak cara untuk menarik pengunjung datang ke sebuah tempat. Salah satunya yaitu memadukan kafe dengan perpustakaan dimana mereka bisa bebas mencicipi makanan sekaligus membaca buku.

Tersedia dengan berbagai menu makanan dan minuman, kini bukan menjadi satu-satunya identitas sebuah kafe. Kafe-kafe di sekitaran Jakarta ini tidak hanya menyajikan menu yang dapat memanjakan lidah, lho, namun juga dapat membuat otakmu bekerja. Yap, apalagi kalau bukan kafe dengan sajian buku di dalamnya. Bagi kamu para pecinta buku, tidak ada salahnya untuk mengunjungi kafe berikut ini:


1. The Reading Room


Sesuai dengan namanya, kafe yang terletak di bilangan Kemang, Jakarta Selatan ini menghadirkan rak penuh buku di setiap sisi ruangan. Selain membaca dan makan, di kafe ini kamu juga bisa menikmati film karena terdapat sebuah mini teater yang sering digunakan untuk screening film festival dengan kapasitas 20 orang. Selain itu, di The Reading Room juga tidak jarang ditemui klub buku yang sering membuat acara seperti pembacaan puisi. Oh iya, di sini kamu juga bisa menikmati penampilan musik secara langsung, lho. Pokoknya lengkap, deh!


2. Jing Si Bookshop & Cafe

Sumber: www.mallkelapagading.com

Jika kamu sering hangout ke mall, sekali-kali coba pergi ke Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara. Di sana, terdapat kafe buku dengan membangun konsep Yayasan Budha Tzu Chi. Walaupun begitu, namun kafe ini tetap terbuka bagi masyarakat umum. Kamu sangat diperbolehkan berkunjung ke kafe ini untuk menikmati buku dan makanannya. Koleksi buku di Jing Si Bookshop & Café banyak memuat tentang perenungan hidup yang ditulis oleh seorang Biksuni bernama Master Chen Yen. Cocok untuk kamu yang ingin mencari inspirasi dalam hidup!


3. ZOE (Zone of Edutainment) Cafe

Sumber: www.indoloka.com

Beranjak ke Depok, Jawa Barat, kota yang terletak di pinggiran ibu kota ini juga menyajikan kafe dengan konsep buku. Selain membaca buku di sana, kamu juga bisa meminjam buku-buku yang ada di ZOE cafe untuk dibawa pulang. Tidak hanya sajian buku yang membuatmu tergoda, tapi makanan di sana juga tidak kalah enaknya! Mereka memberikan santapan dari menu Asia hingga Eropa. Pasti kamu betah, deh, berlama-lama di sana!


4. Bookshelf

Sumber: www.theanandic.com

Masih berada di daerah Depok, Jawa Barat, kini Booshelf kafe yang tepatnya ada di Jalan Cinere Raya juga memberikan sentuhan perpaduan kafe dengan buku. Kafe yang memiliki dua lantai ini memang sekilas tidak terlihat seperti kafe pada umumnya, karena, di lantai 1 merupakan bookstore di mana kamu bisa membeli koleksi buku di sana. Sedangkan, kafenya sendiri terletak di lantai 2 yang juga terdapat reading area dan movie room. Selain itu, interior di kafe ini juga tidak kalah menariknya. Sentuhan dinding berwarna ungu-putih dengan poster film dan buku mampu membuatmu terkagum-kagum. Wah, keren sekali, ya!


5. Bookopi

Sumber: www.traveltribunnews.com

Di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan ada sebuah tempat di mana kamu bisa ngopi sekaligus membaca di satu ruangan. Yap, Bookopi menjadi jawabannya! Interior yang khas dengan jajaran rak buku di setiap sudut ruangan menjadi identitas kafe ini. Bookopi memang sengaja dirancang seperti perpustakaan agar para pengunjung bisa dengan tenang membaca atau hanya sekedar menyeruput kopi di sana. Unik, ya!


6. Nanny’s Pavillon Library

Sumber: www.myfreelogic.blogspot.com

Kafe yang satu ini tidak hanya terdapat di Jakarta, lho! Nanny’s Pavillon Library juga terdapat di Bandung dan Jogjakarta. Mengambil konsep perpustakaan, peralatan yang ada di kafe ini semuanya menggunakan kayu. Sentuhan magic membuat kafe ini terlihat sangat aesthetic dan juga jangan lupakan tumpukan buku yang ada di rak-rak dinding kafe!


7. The U Café, Bistro, & Library


Perpaduan konsep yang unik menjadi daya tarik bagi pengunjung khusunya anak muda untuk sekedar nongkrong di tempat ini. The U Café, Bistro, & Library terletak di Tanjung Duren, Jakarta Barat. Desain interior kafe ini memang terlihat sangat atraktif dan eye-catching. Cocok untuk kamu yang ingin sekedar bersantai bersama buku dan makanan dengan tata ruang yang menarik!

BACA JUGA


Baca Buku Tapi Nggak Habis-Habis? 6 Tips Austin Kleon Ini  Seketika Akan Mengubahmu Menjadi Predator Buku!

Baca Buku Tapi Nggak Habis-Habis? 6 Tips Austin Kleon Ini Seketika Akan Mengubahmu Menjadi Predator Buku!

Membaca adalah membuka jendela dunia dan melihat hamparan ilmunya ke ladang luas. Namun, apa jadinya bila baca satu buku saja nggak habis- ...

Read more..

Yap, itu dia kafe yang memberikan sentuhan buku di dalamnya. Daripada kamu diusir karena makan di dalam perpustakaan sambil membaca, lebih baik datang ke kafe-kafe tersebut. Hati senang, perut pun kenyang!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Deretan Kafe Para Pencinta Buku yang Wajib Kamu Kunjungi Nih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ramadhana Afida | @Afidarmd

Silahkan login untuk memberi komentar