Deretan Alasan Kamu Sering Menunda untuk Segera Menikah. Ada yang Kamu Banget?

Inspirasi

credit: huffpostarabi

1.3K
Sebagian karena Tuhan keburu memanggil mereka kembali ke sisi-Nya sebelum mereka sempat menemukan jodohnya.

Menikah adalah tahap penting dalam kehidupan setiap manusia. Bersama dengan orang yang kamu cintai, kamu akan menjalani sisa hidupmu bersamanya dan berjuang bersama mengarungi kehidupan berumah tangga menuju kebahagian. Tetapi tidak semua orang bisa mengalami yang namanya pernikahan. Sebagian karena Tuhan keburu memanggil mereka kembali ke sisi-Nya sebelum mereka sempat menemukan jodohnya. Sebagian lagi tidak menikah karena mereka sudah berniat seperti itu. Iya, ada orang yang menunda untuk menikah bahkan ada juga yang memang sengaja untuk tidak menikah sama sekali.

Ada banyak alasan yang bisa membuat kamu seperti harus berpikir berkali-kali tentang melangsungkan pernikahan, seperti di antaranya,


1. Mengutamakan karier

credit: My Funding Cash

Ini adalah alasan paling umum. Demi mengejar karier yang cemerlang, kamu rela mengabdikan seluruh waktu dan perhatian hanya pada pekerjaanmu. Jadi tidak ada waktu untuk berpikir tentang asmara apalagi merencanakan sebuah pernikahan. Bahkan kamu juga bisa menganggap bahwa pernikahan hanya akan mengganggu kariermu.


2. Masih mau bersenang-senang

credit: ClickHole

Kamu belum mau terikat dengan orang lain karena kamu masih berhasrat untuk melakukan segalanya sendirian. Kamu belum mau berhenti bersenang-senang sendirian sehingga akhirnya kamu memutuskan untuk menunda atau tidak menikah sama sekali.


3. Kalau sendiri saja sudah bahagia, ngapain harus nikah segala?

credit: Odyssey

Pemikiran semacam ini bisa saja merasukimu. Kemudian di saat kamu menjadi sangat yakin dengan pemikiran itu, maka kamu akan berpikir jika nantinya pernikahan hanya akan mengurangi kebahagiaan kamu.


4. Belum mau memikul tanggung jawab

credit: Meme Center

Berumah tangga berarti kamu akan mendapatkan tanggung jawab tambahan. Selain diri sendiri, kamu juga bertanggung jawab terhadap pasangan dan anak-anakmu kelak. Tanggung jawab tersebut kamu anggap sebagai beban merepotkan dan hasilnya kamu pun enggan untuk menikah.


5. Takut terkekang

credit: Garut News

Kamu sadar ketika nanti sudah berumah tangga kamu tidak bisa melakukan segala hal seperti saat kamu masih sendiri. Kamu takut kebebasanmu terkekang hingga akhirnya memutuskan untuk tidak menikah.


6. Takut bosan

credit: Ma Daily Life

Melihat wajah pasanganmu setiap hari sedari kamu bangun tidur hingga tidur kembali memang akan menimbulkan rasa bosan pada akhirnya. Kamu tahu akan mengalami rasa bosan itu dan cara yang bisa kamu pikirkan untuk mengatasinya adalah dengan tidak “memulai” rasa bosan itu. Dengan kata lain, kamu tidak ingin memulai sebuah ikatan pernikahan.


7. Takut perpisahan

credit: American Psychological Association

Hanya ada dua ujung cerita dalam perjalanan sebuah pernikahan:

  1. Terus bersama sampai maut memisahkan
  2. Putus di tengah jalan

Ketika kamu lebih fokus pada kemungkinan kedua, kamu akan merasa takut jika hal tersebut terjadi padamu. Akhirnya, ketakutan akan perpisahan itu pun membuatmu beralasan untuk tidak menikah.

BACA JUGA


5 Alasan Mengapa Tak Usah Menanyakan Kapan Nikah kepada Kawanmu

5 Alasan Mengapa Tak Usah Menanyakan Kapan Nikah kepada Kawanmu

Didoakan terus lebih baik daripada ditanyakan terus

Read more..

Sebagian orang mendambakan pernikahan dan sebagian lainnya memutuskan untuk tidak mendambakannya sama sekali. Tujuh poin di atas adalah sebagian dari sekian banyak alasan yang bisa membuat kamu berpikir ribuan kali untuk menikah.

Kalau kamu bagaimana? Mau menikah atau tidak?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Deretan Alasan Kamu Sering Menunda untuk Segera Menikah. Ada yang Kamu Banget?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar