Bosan dengan Lomba 17an yang Itu-Itu Saja? Yuk, Coba Ide-Ide Lomba Anti-Mainstream Berikut Ini Saat Weekend Nanti!

Inspirasi

Credit: Batu Media

2.5K
Lomba-lomba anti mainstream ini akan memberikan kamu kesan berbeda di hari kemerdekaan Indonesia

Hari kemerdekaan Indonesia tidak akan lengkap tanpa perlombaan. Lalu, apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar lomba hari kemerdekaan? Balap karung? Makan kerupuk? Tarik tambang? Panjat pinang?

Tidakkah kamu merasa bosan dengan lomba yang itu-itu saja?

Jika iya, maka sudah saatnya kamu mencoba sesuatu yang berbeda untuk mengisi tanggal momen Agustusan. Nah, berikut ini berbagai ide-ide anti mainstream untuk dijadikan lomba tujuh belasan. Yang pasti lomba-lomba ini unik, kreatif, dan tentu saja kekinian.


1. Lomba membaca teks proklamasi

credit: Good News from Indonesia

Beberapa daerah di Indonesia sudah mulai mengadakan lomba ini setiap tanggal 17 Agustus. Biasanya anak-anak usia sekolah yang jadi pesertanya. Aspek-aspek yang dinilai dalam lomba ini meliputi cara membaca teks, intonasi, kejelasan suara, dan juga kostum.


2. Lomba cerdas cermat sejarah

photo credit: Papanori's Blog

Tidak ada cara lebih menyenangkan untuk menguji pengetahuan sejarah kamu selain dengan lomba ini. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengingatkan sekaligus menambah wawasan setiap orang terhadap sejarah bangsa Indonesia.

“Jangan sekali-kali melupakan sejarah.” Begitu kan kata Bung Karno?


3. Lomba menulis

photo credit: ubloger.

Lomba ini cocok sekali untuk kamu yang gemar merangkai kata. Karena dunia tulis menulis itu sangat luas, kamu bahkan bisa membagi-baginya lagi menjadi lomba puisi, lomba cerpen, lomba essay, dan lomba membuat artikel sejarah.


4. Lomba menggambar

photo credit: Museum Benteng Vredeburg

Sama halnya dengan poin 3, dunia menggambar pun memiliki cabang yang hampir tak terhitung jumlahnya. Kamu bisa mengadakan lomba menggambar dengan kategori klasik seperti melukis di atas kanvas atau menggambar dengan pensil warna. Atau jika ingin lebih kekinian, maka cobalah kategori modern seperti gambar vector, WPAP, atau membuat komik digital.


5. Lomba cover lagu

photo credit: blogmp3

Buat kamu yang sering buka situs YouTube, kamu tentu sering melihat video-video cover lagu. Nah, ide cover lagu seperti itu juga bisa diaplikasikan menjadi sebuah lomba di hari kemerdekaan. Tentu saja lagu yang harus dicover adalah lagu-lagu wajib seperti Maju Tak Gentar, Rayuan Pulau Kelapa, Garuda Pancasila, dan lainnya.

Ide cover lagu wajib ini sangat menarik karena selain dapat melestarikan lagu-lagu kebangsaan di tengah gempuran lagu asing, kamu juga bisa sekaligus menikmati lantunan lagu-lagu tersebut dengan rasa yang berbeda dari biasanya. Siapa tahu kan nanti ada yang meng-cover Maju Tak Gentar dalam versi reggae atau Rayuan Pulau Kelapa dalam balutan irama EDM.

BACA JUGA


Saatnya Jadi Pahlawan Bangsa. Tidak Perlu Angkat Senjata, Cukup Lakukan 5 Hal Ini Mulai Sekarang!

Saatnya Jadi Pahlawan Bangsa. Tidak Perlu Angkat Senjata, Cukup Lakukan 5 Hal Ini Mulai Sekarang!

Sekarang pertanyaannya, apakah kamu bisa menjadi seorang pahlawan seperti mereka yang pernah bertempur mengusir penjajah

Read more..

Bagaimana menurutmu? Ide-ide lomba di atas sangat unik dan kreatif, bukan? Kamu punya ide yang lain, tidak?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bosan dengan Lomba 17an yang Itu-Itu Saja? Yuk, Coba Ide-Ide Lomba Anti-Mainstream Berikut Ini Saat Weekend Nanti!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar