Bermimpi Jadi Pelukis Ternama? Ini Dia 7 Pelukis Legendaris Indonesia yang Bisa Jadi Inspirasimu!

Inspirasi

236
Kalau dari luar negeri ada Pablo Picaso, Leornardo Da Vinci, dan Vincen Van Gogh, di Indonesia juga ada pelukis atau seniman yang berhasil dan menjadi legenda. Siapa saja mereka?

Seni merupakan sarana untuk mengekspresikan diri. Setiap seniman akan membuat karya-karya sesuai dengan apa yang sedang ia rasakan, dan orang-orang yang melihat hasil karya itu tanpa disadari juga akan merasakannya. Tapi sayangnya masih banyak orang yang mengganggap menjadi seorang seniman itu tidak memiliki masa depan, terutama di Indonesia. Kalau dari luar negeri ada Pablo Picaso, Leornardo Da Vinci, dan Vincen Van Gogh, di Indonesia juga ada pelukis atau seniman yang berhasil dan menjadi legenda. Siapa saja mereka?


1. Raden Saleh

Penangkapan Pangeran Diponegoro by Raden Saleh

Seorang pelukis pertama dari Indonesia yang legenda sampai internasional. Selama hidupnya ia dikenal sebagai maestro yang telah mendapatkan banyak penghargaan terhadap karya-karyanya. Beliau memilih untuk membuat sebuah lukisan perpaduan romantisisme yang popular di Eropa dan latar belakang Jawa saat itu. Salah satu lukisannya yang berjudul Pangeran Hitam menjadi koleksi Ratu Elizabeth II.


2. Affandi Koesoema

BARONG by Affandi

Pelukis dari Cirebon ini dikenal dengan keunikannya dalam melukis. Kebanyakan pelukis menggunakan kuas untuk melukis, tapi Affandi lebih suka menggunakan jari-jarinya. Lukisannya jadi terlihat lebih hidup dan berwarna. Sudah lebih dari 2000 karya yang telah dibuat Affandi.


3. Abdullah Suriosubroto

Gunung di daerah Preanger (Priangan), Jawa Barat. Abdullah Suriosubroto

Abdullah merupakan anak angkat dari Dr. Wahidin Sudrohusodo yang pada saat itu adalah seorang tokoh gerakan nasional Indonesia. Ia memulai menjadi pelukis saat ia belajar di Belanda dan tidak berhenti berkarya sampai ia kembali ke tanah air. Pelukis yang satu ini dikenal dengan lukisan pemandangannya, hingga akhirnya masuk ke dalam aliran Mooi Indie atau Hindia Indah.


4. Barli Sasmitawinata

Gadis - Barli Sasmitawinata

Dikenal dengan pendidikan seni yang tinggi, Barli memulai sepak terjang di dunia seni pada tahun 1935. Ia belajar melukis ke beberapa negara seperti Belgia, Belanda, Italy, dan Perancis. Karena cintanya akan dunia seni ini, Barli mendirikan rumah Sanggar Rangga Gempol di Dago, Bandung. Beberapa karya Barli yang terkenal ada Affandi dengan Istri Pulang Melukis Pohon Apel dan Pantai Nude.


5. Basuki Abdullah

LUKISAN PRESIDEN SOEKARNO KARYA BASUKI ABDULLAH

Anak dari Abdullah Suriosubroto ini juga memiliki seni yang tinggi. Basuki dikenal sebagai pelukis potrait yang memiliki aliran realis dan naturalis. Ia pernah menjadi pelukis di Istana Kerajaan Thailand pada tahun 1960-an dan menjadi pelukis resmi di Istana Merdeka tahun 1974. Selain itu salah satu pencapaian tertingginya adalah pada 6 September 1948 ia berhasil mengalahkan 87 pelukis saat penobatan Ratu Yuliana di Belanda.


6. Hendra Gunawan

"Buffalo Cowboy" by Hendra Gunawan

Lahir di Bandung, Jawa Barat, Hendar sudah melukis dari ia masih SD dan menekuninya semakin dalam saat memasuki SMP. Beliau ini dikenal sebagai pelukis pemandangan, beberapa karyanya yang terkenal ada Pasar dipinggir Laut, Perempuan Menjual Ayam, dan Bisikan Iblis. Hendra juga mendirikan Sanggar Pusaka Sunda sebagai pengekpresiannya terhadap dunia seni peran.


7. Delsy Syamsumar

"PUTRI HIJAU" karya Delsy Syamsumar

Pelukis Indonesia yang berhasil dan menjadi legenda terakhir adalah Delsy Syamsumar. Seniman yang satu ini sudah mendapatkan banyak penghargaan dan menerima banyak julukan sebagai pelukis terbaik dari beberapa negara. Delsy tidak hanya dikenal sebagai pelukis, tapi juga sebagai komikus, illustrator, desainer dan lain sebagainya. Dari banyaknya hal yang bisa ia lakukan Delsy mendapatkan predikat Litteratures Contemporaines L’ Azie du Sud Est dan II’exellent dessinateur oleh Lembaga Seni dan Sejarah Perancis melalui buku literatur seni dunia yang fenomenal, France Art Journal 1974.

BACA JUGA


Atlet Perempuan Indonesia yang Bisa Menginspirasi Generasi Muda dari Masa ke Masa

Atlet Perempuan Indonesia yang Bisa Menginspirasi Generasi Muda dari Masa ke Masa

Perempuan juga bisa memberikan kontribusi dalam dunia olahraga dan mengharumkan nama negara

Read more..

Itu dia para pelukis Indonesia yang menunjukkan bahwa saat kamu memang mencintai dunia seni dan tidak menyerah, pada akhirnya kamu akan berhasil. Tidak hanya diri kamu sendiri yang senang, tapi juga membanggakan keluarga, bangsa, dan negara. Terus berkarya dan menjadi kebanggaan Indonesia!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bermimpi Jadi Pelukis Ternama? Ini Dia 7 Pelukis Legendaris Indonesia yang Bisa Jadi Inspirasimu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar

Alibaba Alibabi | @alibabaalibabi

Nice Post Good ArticleKata Kata Motivasi