Beri Kesan Positif Saat Resign. Inilah Etika Mengundurkan Diri yang Harus Kamu Tahu!

Kerja

credit: Undercover Recruiter

2.5K
Jika kamu ingin berhenti kerja pada tanggal 30 lalu kamu menyampaikan hal ini pada atasan di tanggal 27. Jika kamu beruntung, maka atasan mungkin hanya akan membentakmu.

Menyatakan pengunduran diri memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada etiket-etiket yang harus kamu perhatikan ketika menyampaikan niat pengunduran diri tersebut. Selain itu, kamu juga harus tetap menjaga sikap dan produktviitas sampai akhirnya kamu benar-benar keluar dari tempat kerja.


1. Utarakan niat resign minimal 1 bulan sebelum

photo credit: Talenta Blog

Jika kamu ingin berhenti kerja pada tanggal 30 lalu kamu menyampaikan hal ini pada atasan di tanggal 27. Jika kamu beruntung, maka atasan mungkin hanya akan membentakmu.

Kamu tidak bisa tiba-tiba memberitahu kalau mau ingin mengundurkan diri. Utarakan maksudmu itu sekurang-kurangnya 1 bulan sebelum tanggal kamu akan berhenti bekerja. Perusahaan perlu jeda untuk mengantisipasi posisi yang akan kamu tinggalkan dan melakukan delegasi jobdeskmu.


2. Tetap profesional sampai hari terakhir

photo credit: Shutterstock

Kamu memang akan segera meninggalkan tempat kerja, namun itu tidak lantas membuatmu bisa bertindak semaunya. Selama masih dalam naungan perusahaan, maka selama itu pula kamu harus menjunjung profesionalitas dan segala aturan yang ada di tempat kerja. Selesaikan tugas-tugasmu sehingga ketika akhirnya kamu pergi kamu tidak menyusahkan orang lain dengan sisa pekerjaanmu yang belum selesai.


3. Kembalikan fasilitas kantor

credit: WordPress

Tentu kamu tidak ingin dilabeli “pencuri” saat meninggalkan tempat kerjamu, kan? Maka kembalikanlah benda-benda atau properti lain yang kantormu sediakan selama kamu bekerja untuk mereka. Properti seperti kendaraan dinas, laptop, ID Card, handphone, dan lainnya segera kembalikan agar tidak menjadi masalah bagimu ke depannya.


4. Tidak memutuskan hubungan dengan rekan kerja

photo credit: macleans

Kamu memang akan meninggalkan tempatmu bekerja, tapi itu tidak berati kamu harus memutuskan hubungan dengan atasan dan rekan-rekan kerja. Siltaturahmi harus tetap dijaga. Sebab, kamu tidak tahu kapan kamu akan membutuhkan mereka lagi.


5. Berpamitan secara baik-baik

Kamu datang dengan baik maka pergi pun harus baik pula. Ucapkan selamat tinggal pada atasan dan rekan-rekan kerja serta doakan mereka agar tetap sehat. Jika tidak bisa berpamitan secara langsung, sampaikan lewat telepon, SMS, email, WA, dan sebagainya.

BACA JUGA


Pertanyaan yang Sering Muncul dalam Wawancara Kerja dan Bocoran Cara Menjawabnya

Pertanyaan yang Sering Muncul dalam Wawancara Kerja dan Bocoran Cara Menjawabnya

Kamu sedang berada di sebuah wawancara kerja. Tidak ada hal lain yang bisa kamu perbuat selain memberikan jawaban terbaik

Read more..

Sikap kerja yang baik dan profesional tetap harus kamu tunjukkan menjelang hari-hari terakhirmu di tempat kerja. Meninggalkan sesuatu dengan kebaikan tentu akan membawamu menemukan hal baru yang lebih baik pula.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Beri Kesan Positif Saat Resign. Inilah Etika Mengundurkan Diri yang Harus Kamu Tahu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar