Baru Lulus Kuliah? Inilah 7 Hal Pertama yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Jadi Sarjana!

Inspirasi

515
Kebanyakan orang merasa bahwa setelah lulus kuliah semua masalah sudah selesai dan hidup jauh lebih mudah. Tapi sebenarnya itulah awal hidup yang sebenarnya.

Kebanyakan orang merasa bahwa setelah lulus kuliah semua masalah sudah selesai dan hidup jauh lebih mudah. Tapi sebenarnya itulah awal hidup yang sebenarnya. Jika kamu tidak mengorganisir apa saja yang harus kamu lakukan setelah lulus kuliah, semuanya bisa berantakan. Maka dari itu penting sekali mengetahui hal apa yang ingin kamu lakukan pertama kali seusai kuliah. Berikut ada beberapa pilihan yang bisa kamu tentukan.


1. Menyelesaikan urusan di kampus

Photo Credit: flanderstoday

Sebelum benar-benar memulai hal yang baru, kamu harus pastikan bahwa semua urusan di kampus sudah terselesaikan. Segera revisi skripsi atau tugas akhir, lalu jangan lupa juga mengurus transkrip nilai dan legalisir ijazah.


2. Travelling

Photo Credit: chill.ie

Mungkin setelah mengalami beban berat saat menghadapi skripsi atau tugas akhir, saat dinyatakan lulus kamu bisa melakukan travelling untuk menyegarkan diri. Pergi ke tempat-tempat baru yang tidak terlalu jauh. Perjalanan ini bisa memberikan kamu ketenangan sehingga bisa berpikir lebih bijak akan apa yang ingin kamu lakukan ke depannya.


3. Update CV

photo credit: Joblers

Setelah lulus kuliah yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki atau mengupdate curriculum vitae atau daftar riwayat. Hal ini adalah hal kursial yang harus urus. Isi dengan kegiatan-kegiatan yang sudah kamu lakukan selama kuliah seperti mengikuti organisasi atau kursus keterampilan dan kerja paruh waktu.


4. Perbanyaklah koneksi

photo credit: pexels

Penting sekali untuk memiliki koneksi yang banyak. Jaga hubungan kamu dengan teman-teman di kampus dan dosen. Selain itu berkumpul atau bergaul dengan orang-orang baru juga akan menambah koneksimu.


5. Melanjutkan pendidikan

photo credit: Odyssey

Jika kamu ingin melanjutkan ke pendidikan master setelah lulus sarjana, silahkan kamu mencobanya. Sudah banyak beasiswa yang diberikan oleh institusi swasta maupun pemerintah untuk mereka yang melanjutkan studi pascasarjana. Biasanya mereka yang ingin melanjutkan pendidikan master karena tertarik di bidang akademis dan sudah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya.


6. Mencari kerja/magang

photo credit: TalentAdore

Kebanyakan orang setelah lulus kuliah mereka langsung mencari pekerjaan,. Carilah informasi lowongan pekerjaan lewat internet, koneksi teman atau keluarga. Jika kamu masih belu merasa siap untuk penuh menjadi seorang karyawan di perusahaan pilihlah untuk menjadi internship agar menjadi kesempatan kamu untuk belajar mengenai dunia kerja. Tapi jika kamu sudah tahu apa yang inign kamu lakukan cari pekerjaan yang lebih professional. Dengan bekerja tidak hanya mendapatkan penghasilan tapi juga belajar lebih mandiri dan professional.


7. Menikah

photo credit: AskMen

Hal yang satu ini masih menjadi pilihan yang terakhir bagi kamu yang baru lulus. Menikah muda sekarang sudah tidak dinilai sebagai sesuatu yang aneh lagi. Semua itu pada akhirnya tergantung pada pemikiran dan kesiapan masing-masing individu.

BACA JUGA


Untukmu yang Merasa Mahasiswa Abadi di Kampus, Inilah 7 Alasan Kenapa Harus Menyelesaikan Kuliah Secepatnya!

Untukmu yang Merasa Mahasiswa Abadi di Kampus, Inilah 7 Alasan Kenapa Harus Menyelesaikan Kuliah Secepatnya!

Buat yang udah kuliah, pasti ngerasa kalau masa kuliah adalah masa-masa paling menyenangkan. Kamu enggak pernah dihukum berdiri dengan satu ...

Read more..

Nah, itu dia hal-hal yang bisa kamu lakukan setelah lulus kuliah. Pilihlah yang sesuai dengan keinginan kamu dengan bijak.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Baru Lulus Kuliah? Inilah 7 Hal Pertama yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Jadi Sarjana!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar