Baru Dapat Gaji? Jangan Belanjakan Dulu Uangmu Sebelum Dipakai untuk 3 Hal Ini!

Gaya Hidup

credit: You Could Save

2K
Prinsip keuangan yang baik adalah ketika uangmu mampu menolongmu hari ini dan di masa depan, serta dapat membahagiakan diri sendiri dan orang lain.

Tanggal gajian sudah tiba dan kamu sangat bahagia. Apa yang akan kamu lakukan pertama kali dengan uangmu itu? Makan-makan? Beli baju? Pergi ke bioskop?

Lalu kapan kamu akan menabung? Atau, kapan kiranya kamu mau membeli asuransi untuk jaminan masa depan? Apakah ada bagian dari gajimu yang akan kamu sisihkan sebagai dana darurat?

Jika kamu baru memikirkan hal-hal di paragraf kedua setelah kamu menggunakan sebagian besar uang gajimu untuk melakukan hal-hal yang tertulis di paragraf pertama, maka mulai sekarang kamu harus berubah.

Ketika kamu menerima gaji, seketika di dalam kepalamu bertebaran ide-ide untuk menghabiskannya. Sabarlah dulu. Tahan nafsumu sejenak dan bersikaplah lebih bijak dengan uangmu itu. Sebelum kamu memutuskan “Mau makan di mana”, “Beli apa hari ini”, atau “Film apa yang harus ditonton”, prioritaskan dulu gajimu untuk hal-hal berikut ini.


1. Menabung wajib hukumnya

photo credit: asillarota

Jika kamu baru berpikir akan menabung ketika uang gajimu kebetulan masih bersisa, maka mulai sekarang kamu harus mengubah proses berpikir semacam itu. Jangan tunggu sisa gajimu baru kamu mau menabung. Nasib baik jika ternyata gajimu masih ada sisanya. Kalau tidak?

Jadi, ketika kamu menerima gaji, sisihkan dulu untuk kamu tabung. Para ahli berpendapat proporsi ideal untuk tabungan adalah sekitar 10% dari gaji. Misalnya gajimu sebulan adalah Rp.3.500.000 maka jumlah yang harus kamu tabung adalah sekitar Rp.350.000.


2. Jika ada, lunasi hutang-hutangmu

credit: Steve Welker

Setelah kamu menabung, prioritas selanjutnya adalah melunasi hutang, termasuk juga cicilan ini dan itu. Mungkin hutang atau cicilanmu itu tidak akan lunas dalam sekali bayar tapi setidaknya beban tagihanmu bisa berkurang. Selain itu, rajin menyisihkan gaji untuk membayar hutang juga akan membuat orang yang memberimu hutang merasa lebih tenang karena tidak perlu lagi menagih-nagih kamu sepanjang waktu.


3. Berderma akan membuat hartamu lebih berkah

credit: Save Culture

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah berdonasi atau menyumbangkan uangmu kepada orang lain. Utamakan dahulu donasi yang sifatnya diwajibkan sesuai dengan ajaran agamamu masing-masing. Mungkin kamu merasa uangmu akan berkurang tapi yakinlah bahwa Tuhan akan menggantinya nanti dengan nilai yang lebih besar dan dari arah yang tidak kamu sangka-sangka.

BACA JUGA


Bisakah Uang Membeli Kebahagiaan? Hasil Penelitian Ini Mengejutkan!

Bisakah Uang Membeli Kebahagiaan? Hasil Penelitian Ini Mengejutkan!

Ternyata, penelitian modern bahkan memutuskan satu perkara penting: layaknya barang, kebahagiaan bisa kita dapatkan dengan uang

Read more..

Setelah kamu melakukan tiga hal tersebut, maka sekarang kamu bisa gunakan uang gajimu untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhanmu seperti biasa.

Mengubah urutan prioritas dalam mengelola penghasilan seperti yang sudah dijelaskan di atas adalah hal yang sangat penting sebab ini bisa menghindarkanmu dari kesulitan keuangan di masa depan.

Nah, selamat mencoba.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Baru Dapat Gaji? Jangan Belanjakan Dulu Uangmu Sebelum Dipakai untuk 3 Hal Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar