Asyiknya Solo Travelling Bisa Berikan Kamu 6 Keuntungan Ini. Berani Coba?

Piknik

credit: Nebo Tours

2.2K
Traveling sendirian ternyata bisa mendatangkan banyak keuntungan untukmu.

Jalan-jalan alias traveling sudah menjadi gaya hidup manusia masa kini. Travelling akan terasa lebih menyenangan jika dilakukan bersama keluarga atau rekan-rekan dekatmu. Tetapi kamu tidak perlu merasa kecil hati jika akhirnya kamu hanya bepergian sendiri saja. Asal kamu tahu, traveling sendirian tidak kalah menyenangkan dengan traveling rame-rame. Malah, ada banyak keuntungan yang kamu bisa peroleh.


1. Bisa pergi ke mana saja

credit: Road To VR

Ketika kamu traveling dengan orang lain, banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan termasuk tempat yang akan dikunjungi. Kamu dan yang lain harus satu suara. Terkadang apa yang disepakati belum tentu menyenangkan semua pihak termasuk dirimu.

Dengan traveling sendirian, kamu tidak perlu repot mempertimbangkan hal semacam itu karena sekarang kamu punya kebebasan penuh untuk pergi ke mana saja kamu suka.


2. Punya kesempatan lebih banyak untuk melakukan eksplorasi

credit: Les Rives

Kekurangan lain dari traveling bersama orang lain adalah keterbatasan waktu. Kamu dan yang lain harus saling mencocokkan waktu dan patuh pada jadwal perjalanan yang sudah dibuat. Akibatnya, waktu yang kamu punya di tempat tujuan pun jadi terbatas.

Kamu tidak perlu mengalami masalah semacam itu saat traveling sendirian. Kamu yang atur jadwalmu sendiri sehingga itu bisa membuatmu lebih leluasa dalam menjelajahi setiap jengkal tempat yang kamu kunjungi.


3. Melatih kemandirian

credit: The Odyssey Online

Bepergian seorang diri berarti tidak ada yang bisa kamu andalkan selain dirimu sendiri. Ini sangat bagus untuk melatih kemandirianmu sehingga kamu bisa menjadi pribadi yang lebih tangguh dan tidak terlalu bergantung pada orang lain. Atau seperti yang Bung Karno pernah katakan, "BERDIKARI!", alias Berdiri Di Atas Kaki Sendiri.


4. Kamu bisa memanjakan dirimu sampai bosan

credit: Nebo Tours

Kamu pergi berjalan-jalan untuk me-refresh pikiran sekaligus menggunakan kesempatan itu untuk bermanja-manja. Kesempatan memanjakan diri ini bisa kamu peroleh sebanyak-banyaknya ketika kamu bepergian sendiri saja.


5. Pergi sendirian adalah momen sempurna untuk merenung

credit: Manisha Melwani

Selain untuk menyegarkan pikiran, traveling juga dapat dimanfaatkan sebagai media perenungan. Kamu akan punya banyak waktu untuk merenungi diri ketika tidak ada yang mengikutimu traveling. Manfaatkan waktu perenungan ini untuk mengingat kembali tentang siapa dirimu dan seberapa banyak manfaat yang kamu berikan untuk orang-orang di sekitarmu.


6. Bertemu dengan lebih banyak orang baru

credit: Intrepid Travel

Kamu akan kesulitan melakukan hal ini jika bepergian secara beramai-ramai. Sebab, biasanya traveling secara berkelompok hanya berfokus pada tempat apa yang harus dikunjungi, kapan mengunjunginya, dan berapa lama boleh berada di sana sampai akhirnya harus kembali pulang. Dengan kondisi seperti itu, keinginanmu untuk bertemu dengan orang-orang baru akan sulit diwujudkan. Tentu saja hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu bepergian sendirian saja.

BACA JUGA


Saatnya Berani Menjadi Solo Traveler dan Hal Seru Apa yang Akan Kamu Dapatkan

Saatnya Berani Menjadi Solo Traveler dan Hal Seru Apa yang Akan Kamu Dapatkan

Banyak orang yang heran dengan hobi saya melakukan sebuah perjalanan seorang diri atau solo travel. Bagi mereka, solo travel itu terlihat ...

Read more..

Tidak ada yang salah dengan traveling sendirian. Yang salah adalah kalau kamu tidak memanfaatkan kesempatan untuk bepergian hanya karena kamu merasa malu pergi sendiri. Mulai kemasi barang-barangmu dan beranikan diri untuk menjelajahi tempat yang kamu ingin kunjungi meski teman perjalananmu adalah, ya, dirimu sendiri.

Tertarik untuk traveling sendirian? Atau kamu sudah pernah mencobanya?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Asyiknya Solo Travelling Bisa Berikan Kamu 6 Keuntungan Ini. Berani Coba?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar