Apple Dorong Karyawannya Belajar Kaligrafi Agar Sense of Creativity-nya Terbangun dan Terjauhkan dari Stres

Kabar

847
Seni kaligrafi terbukti memang membuat seseorang menjadi lebih kreatif, tenang, dan jauh dari stres.

salah satu pabrik rekanan Apple yang berada di TIongkok, memiliki persyaratan dari Apple, bahwa pihak pabrik harus memberikan kesempatan bagi para pekerja mereka untuk mengikuti kelas keterampilan gratis, lewat program Supplier Employee Education and Development atau biasa disingkat sebagai SEED.

Kelas keterampilan gratis tersebut memiliki banyak pilihan, seperti manajemen keuangan, desain grafis, komputer, bahkan juga kelas kaligrafi!

Laporan resmi dari Apple sendiri mengabarkan abwah telah ada 558 ribu orang di pabrik-pabrik rekanan ayng memang sudah mengambil bagian dalam program tesebut.

Nah, yang menarik adalah adanya kelas kaligrafi. Pendiri Apple, Steve Jobs, memang memiliki sejarah khusus dengan kaligrafi ini. Semasa kuliahnya, Steve Jobs pernah mengikuti kelas kaligrafi ini, dan berkal kelas tersebut, ikut berperan dan memengaruhi Steve Jobs dalam merancang jenis font yang dipakai di komputer Macintosh versi awal.

Selain itu, tentu saja karena di Tiongkok, kaligrafi menempati posisi prestisius tesendiri, seperti seni kaligrafi di Arab. Bahkan, beberapa studi juga mengabarkan bahwa menulis kaligrafi dapat mengurangi stres seseorang, sehingga Apple perlu mengadakan kelas ini, akrena berpengaruh bagi kesehatan mental para pekerja di pabrik rekanan Apple, yang mana rata-rata bekerja hingga 55 jam per minggu, alias 11 jam per hari untuk 5 hari kerja.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Apple Dorong Karyawannya Belajar Kaligrafi Agar Sense of Creativity-nya Terbangun dan Terjauhkan dari Stres". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fachmy Casofa | @fachmycasofa

Managing Editor Virala.id. Writer of best seller national book, Habibie Tak Boleh Lelah dan Kalah!, Founder Satria Foundation and Epixplay Karya Indonesia | www.fachmycasofa.com or fachmycasofa@gmail.com for more creative collaboration.

Silahkan login untuk memberi komentar