Anton Sushiro dan Karakter Komik Si Unyu: Menggambar adalah Kebahagiaan

Sosok

1.7K
Ada beragam cara manusia untuk mengekspresikan dirinya, salah satunya lewat menggambar.

SOSOK - Dalam sebuah obrolan singkat saya dengan Anton Sushilo, seorang komikus Instagram asal Solo yang karyanya bisa diakses lewat ID si.unyu26 saya mendapatkan cerita tentang suka duka serta tips menjadi seorang komikus instagram, berikut liputannya:


Bermula dari sebuah kebetulan

Karakter tokoh dalam sebuah komik, pada umumnya memiliki cerita di belakangnya. Jika Walt Disney menemukan sosok Mickey Mouse dari tikus-tikus yang sering dilihatnya di ladang sang Paman, maka tak jauh berbeda dengan Si Unyu.

Sama-sama ditemukan secara kebetulan, Si Unyu justru ditemukan kreatornya ketika ia sedang menggarap pesanan sebuah brosur. Si Unyu yang sehari-hari bekerja sebagai desainer grafis di sebuah perusahaan percetakan digital, saat itu diminta untuk mendesain brosur bertuliskan: Terima pesanan kartu nama unyu, pin unyu, gantungan kunci unyu, dll.”

Di dalam brosur itu ada sebuah gambar kartun yang ketika itu belum ia beri nama. Tetapi akhirnya, karakter kartun tersebut ia beri nama “Si Unyu”.



Ada ikatan batin yang kuat

Jika kita melihat tokoh Si Unyu, dan membandingkannya dengan sosok sang kreator, maka mungkin kita akan menganggapnya mirip. Terutama karena keduanya sama-sama berkaca mata. Tetapi disinggung tentang hal ini, Anton Susilo yang memakai nama Anton Sushiro sebagai nama penanya justru menolak disebut demikian.

Kenapa bisa mirip? Ia menjelaskan bahwa ada keterikatan batin antara kreator dan OC-nya.



Dari Facebook ke Instagram

Komik strip Si Unyu pada awalnya sering terlihat di Facebook. Tetapi kemudian baru sekitar bulan Agustus kemarin, sang kreator mulai membagikan hasil karyanya lewat Instagram. Sebagai penyuka komik, ia pun mulai bergabung ke sebuah grup Line “komik anu” pada bulan September 2015 dan mulai saling kenal dengan berbagai komikus Instagram lainnya.


Yang terpenting jaga kualitas

Ditanya soal bagaimana bisa mendadak Si Unyu mendapat follower ribuan orang dalam waktu beberapa bulan, Anton Sushiro membeberkan ceritanya dengan cukup panjang. Hal pertama yang mesti dilakukan supaya karya atau foto kita di instagram dilihat banyak orang, adalah memakai hashtag. Setiap kali posting, karya Si Unyu selalu disertai hashtag seperti #komik, #komikstrip, #komikindonesia.

Komikus yang sekaligus masih berstatus sebagai mahasiswa ini juga menekankan bahwa yang terpenting adalah menjaga kualitas.

“Karena yang berkualitas nantinya akan di repost oleh akun-akun komik yang sudah gedhe seperti @komikin_ajah, @komikanu, @dagelan, dll. Hasil karya yang di-repost nantinya bakal dicantumkan sumbernya. Jadi lebih banyak lagi yang ngeliat akun kita. Yang suka, pasti follow.”


Ide bisa datang dari mana saja

Ide memang bisa datang dari mana saja. Meskipun tidak setiap hari ngomik, lantaran kesibukannya bekerja maupun kuliah, sosok Anton Sushiro selalu menyempatkan diri seminggu 2-3 kali membuat cerita. Keaktifannya di Instagram, membuatnya seolah tidak pernah kehabisan ide. Akunya, ide selalu ia dapat dari 20% pengalaman pribadi, 30% pengalaman orang-orang sekitar, dan 50% imajinasi.

Padahal, jika dilihat, kuliah dan bekerja sudah sangat menyita waktu. Tetapi dalam hal ini, berlatar dari “suka menggambar” Anton mengaku tidak pernah memaksa dirinya.

“Kalau pulang kuliah masih punya energi, ya udah ngomik. Kalau nggak, ya udah tidur aja. Ngomiknya nanti pas weekend.”



Sekadar menghibur masyarakat Indonesia

Menyinggung masalah tujuannya membuat komik Si Unyu, dengan rendah hati Anton mengatakan selain karena rasa sukanya menggambar, ia hanya ingin menghibur masyarakat Indonesia. Ia bercerita, pernah ada yang memberikan pertanyaan, kenapa mau menjadi orang bodoh yang hanya membuat komik untuk hiburan saja dan tidak mendapatkan uang untuk dihasilkan? Bukankah hanya membuang-buang waktu?

Bagi Anton, uang mungkin bisa membeli kebahagiaan. Tetapi tidak semua kebahagiaan bisa dibeli dengan uang. Menggambar adalah satu hal yang ia cintai sejak kecil. Ia sampai mengibaratkan bahwa waktu terasa tak pernah tercipta sebelumnya, karena lapar, dahaga, letih seketika sirna ketika ia menggambar. Menurutnya, hobi adalah sebuah kebutuhan batiniah dan berkarya adalah salah satu bentuk rasa syukur kita terhadap Tuhan atas karunia yang telah Ia berikan.


Jangan lupa piknik

Manusia dianugerahi indera untuk menangkap hal-hal yang ada di sekitarnya dan otak untuk berpikir. Selain persenan sumber ide yang sudah disebutkan Anton di atas, Anton juga mengingatkan untuk supaya selalu bisa memiliki banyak ide dalam berkarya adalah jangan lupa piknik. Karena piknik membuat otak selalu fresh, sehingga ide lebih mudah datang.

Sebuah pernyataan yang terdengar anak kekinian mengingat piknik atau traveling adalah tren anak muda jaman sekarang. Tetapi pada kenyataannya memang banyak studi yang membuktikan demikian. Ibarat sebuah buku, dunia dan isinya kaya pengetahuan yang bisa dijadikan ide. “Those who do not travel, read only one chapter”. []


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Anton Sushiro dan Karakter Komik Si Unyu: Menggambar adalah Kebahagiaan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fubuki Aida | @fubukiaida

penyuka jalan-jalan, dan sangat ingin keliling dunia. Kamu bisa pula mampir kemari http://gubugkecilsangentung.net

Silahkan login untuk memberi komentar