Anti Distraksi, Inilah 7 Aplikasi yang Bisa Tingkatkan Fokus Kamu. Install Sekarang Juga!

Kerja

photo credit: Hiveage

415
Sering mengalami distraksi dan gangguan saat belajar atau bekerja dan membutuhkan cara lebih modern untuk bisa lebih fokus? Sudah ada beberapa aplikasi nih yang dapat membantumu lebih konsentrasi dan produktif setiap harinya.

Terkadang memang sangat susah untuk mempertahankan fokus saat bekerja, apalagi sekarang sudah banyak gangguan yang sering terjadi karena adanya gangguan digital. Biasanya kamu bisa menghabiskan waktu di depan komputer atau smartphone saat bekerja untuk mengecek email, chat, media sosial atau konten lainnya setiap hari. Hal ini ternyata dapat menghabiskan energi kamu dan tanpa disadari ini mempengaruhi kemampuan untuk lebih fokus dan produktif. Walaupun gangguan ini terjadi karena teknologi digital, kamu juga bisa menanganinya dengan teknologi. Berikut ada beberapa aplikasi yang bisa kamu download di komputer atau smartphone agar membantu kamu untuk tetap tenang, fokus dan produktif.


1. Lumosity

Photo Credit: CNET

Aplikasi yang satu ini merupakan game yang dapat meningkatkan memori, kesigapan, dan beberapa keterampilan mental lainnya, melalui program pelatihan yang disesuaikan dengan tujuan kamu. Aplikasi ini menggunakan prinsip neuroplastisitas, yaitu kemampuan otak untuk mengatur ulang dan mengubahnya berdasarkan pengalaman permainan yang ditunjukkan untuk meningkatkan berbagai aspek kognisi. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini saat jam istirahat agar otak kamu tetap tajam.


2. Headspace 2.0

Photo Credit: Amazon

Salah satu aplikasi suara yang menjadi alat meditasi memperbaiki stres, khawatir, kurang fokus dan lainnya. Jika kamu menggunakan aplikasi ini 10 menit setiap harinya, itu akan membantu kamu membentuk diri menjadi lebih fokus, kreatif, dan bahagia.


3. GPS for the soul

Photo Credit: propakistani

Dapat menguasai tingkat stres, merupakan langkah awal meningkatkan fokus. Melalui aplikasi ini kamu bisa mengetahui tingkat stres dan membantu kamu mengurangi pikiran yang berat. Aplikasi ini juga memiliki kutipan, gambar, dan musik yang menenangkan pikiran kamu.


4. Pomodoro – focus booster

Photo Credit: huffpost

Biasanya otak seorang pekerja kantor terganggu 11 menit dan membutuhkan waktu sekitar 25 menit lagi untuk bisa kembali fokus bertugas. Aplikasi ini bisa membantu kamu mengoptimalkan waktu 25 menit untuk benar-benar kembali fokus. Jika kamu membutuhkan manajemen waktu untuk mengreorganisasi hari kamu, Pomodoro sangatlah tepat untuk digunakan.


5. MindNode

Photo Credit: macdrifter

Apakah kamu tipe pelajar visual? Aplikasi ini merupakan pemetaan pikiran dari representasi visual, yaitu tempat kamu dapat menggambarkan pemikiran dan gagasan kamu yang intuitif. Melalui aplikasi ini akan membantu kamu menghasikan gagasan dan mengorganisir proyek serta konsep dalam desain yang penuh warna.


6. F.lux

Photo Credit: boygeniusreport

Saat waktu bekerja kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer? Hati-hati, layar komputer yang terlalu terang mampu membuat kamu kehilangan fokus. Aplikasi ini membantu kamu agar mata tidak terlalu tegang sepanjang hari.


7. Freedom

Photo Credit: cdn-images

Aplikasi ini mengurangi gangguan digital dalam smartphone kamu. Jika banyak sosial media, chat dan yang lainnya mengganggu konsentrasi dan kamu ingin menghilangkannya sesaat, gunakan aplikasi ini.

BACA JUGA


Terungkap, 7 Rahasia Orang Sukses untuk Selalu Produktif Setiap Hari!

Terungkap, 7 Rahasia Orang Sukses untuk Selalu Produktif Setiap Hari!

Menjadi orang sukses tidaklah mudah. Mengendalikan diri, bertekad, dan usaha mereka untuk tetap produktif merupakan pengorbanan yang mungkin ...

Read more..

Selain dengan bantuan aplikasi di atas, agar kamu bisa lebih fokus, jangan lupa untuk tidur yang cukup, minum air putih, dan berolahraga. Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Anti Distraksi, Inilah 7 Aplikasi yang Bisa Tingkatkan Fokus Kamu. Install Sekarang Juga!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar