7 Kunci Jadi Content Writer Andal yang Wajib Kamu Praktikkan Biar Jadi Penulis Profesional

Industri Kreatif

credit: CLoud n CLoud

1.6K
Kamu harus memperhatikan hal-hal ini supaya konten yang kamu tulis bisa menarik jutaan mata dan meninggalkann kesan mendalam bagi para pembaca.

Penulis konten atau content writer adalah sebuah pekerjaan yang sangat menuntut ketekunan dan kreatifitasmu. Jika kamu adalah serang content writer atau berkeinginan menggeluti pekerjaan tersebut, maka kamu harus memperhatikan hal-hal ini supaya konten yang kamu tulis bisa menarik jutaan mata dan meninggalkann kesan mendalam bagi para pembaca.


1. Kamu harus punya wawasan luas

credit: 300 Hours


Wawasan yang luas adalah hal wajib bagi seorang content writer. Jika wawasanmu sempit, kamu akan kesulitan mencari ide tulisan. Akibatnya tulisanmu menjadi tidak bervariasi dan pembaca pun akan bosan. Banyak-banyaklah membaca dan gali informasi sebanyak mungkin dari segala media seperti radio, TV, atau internet.


2. Up to Date alias kekinian

credit: ACCA

Menjadi orang yang kudet alias kurang update bisa menjadi sebuah aib untuk seorang content writer. Mengetahui apa yang sedang hangat dibicarakan orang-orang tak hanya bermanfaat untuk menambah wawasan namun juga bisa menjadi bahan tulisanmu. Menulis sesuatu yang sedang trending atau viral di tengah masyarakat tentu akan menarik banyak pembaca.


3. Kemampuan berbahasa yang baik dan benar

credit: Kompasiana

Karena kegiatan utama seorang content writer adalah menulis, maka kemampuanmu dalam berbahasa adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Jangan sampai kamu jadi bahan olok-olok pembaca hanya karena kamu belum bisa membedakan antara “keluar” dengan “ke luar”, atau “mengubah” dengan “merubah”, atau juga salah menulis “di rumah” menjadi “dirumah”.


4. Kreatif

photo credit: Pixel Federation

Sebagai seorang content writer, kamu harus bisa berkreasi dengan tulisanmu. Unsur-unsur pendukung seperti gambar atau video harus kamu dapat kombinasikan dengan rangkaian kalimat yang kamu buat. Tentu saja tujuannya agar pembaca sulit meninggalkan tulisanmu dan enggan berpaling pada tulisan orang lain.


5. Disiplin

credit: Patheos

Apa pun yang kamu kerjakan, kedisiplinan adalah harga mati. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih kedisiplinanmu dalam menulis seperti membuat jadwal menulis atau menentukan target jumlah tulisan dalam seminggu.


6. Sering-sering membandingkan

credit: Bad Gut

Maksud poin keenam ini adalah kamu membandingkan tulisanmu dengan tulisan orang lain. Akan lebih baik jika kamu membandingkannya dengan tulisan orang lain yang lebih bagus darimu. Tujuannya adalah agar kamu bisa mengambil hikmahnya sekaligus mempelajari apa yang membuat tulisan orang lain lebih bagus dari punyamu sehingga kamu bersemangat untuk membuat tulisanmu sendiri jadi lebih baik lagi.


7. Cobalah menulis yang lain

photo credit: Carleton University

Ajak dirimu untuk menulis sesuatu di luar menulis konten online, misalnya menulis sebuah cerpen atau puisi. Hal ini bermanfaat untuk menyingkirkan rasa bosanmu seandainya kamu mulai jenuh dengan kegiatan menulis konten. Selain itu, hal ini juga bisa menambah skill-mu sehingga kemampuan menulismu tidak melulu berputar-putar di bidang penulisan konten online saja, atau dengan kata lain kamu bisa menjadi penulis serba bisa.

BACA JUGA


5 Kekhawatiran Pebisnis Pemula yang Harus Dihindari

5 Kekhawatiran Pebisnis Pemula yang Harus Dihindari

Gagasan yang unik dan lain daripada yang lain tidak menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis

Read more..

Kamu harus memperhatikan tujuh hal di atas jika kamu ingin menjadi seorang content writer yang andal. Tentu kamu akan senang jika tulisanmu dibaca banyak orang dan mereka terkesan karenanya.

Nah, sudah siap menjadi seorang content writer andal?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Kunci Jadi Content Writer Andal yang Wajib Kamu Praktikkan Biar Jadi Penulis Profesional". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar

Alibaba Alibabi | @alibabaalibabi

Kamu harus memperhatikan tujuh hal di atas jika kamu ingin menjadi seorang content writer yang andal. Tentu kamu akan senang jika tulisanmu dibaca banyak orang dan mereka terkesan karenanya. Harga Emas Hari Ini