5 Teknik Menulis Judul yang Menyedot Perhatian

Berkarya

2.8K
Sebagai bagian penting dari sebuah artikel, judul menjadi pencuri perhatian paling besar.

Ada beberapa orang yang mengeksekusinya dengan cara yang berbeda. Ada yang membuat judulnya terlebih dahulu, baru membuat isi. Ada yang yang membuat isinya terlebih dahulu, judulnya belakangan.

Saya pun melakukan kedua-duanya. Bahkan, saya sering hanya membuat judul, tanpa pernah mengeksekusinya menjadi sebuah artikel. Oke, kalau yang itu jangan ditiru. Saya memang agak kelebihan ide. Hehehe.

Terkadang malah butuh orang-orang yang mau menampung ide saya dan mau berlapang hati dan waktu untuk mengeksekusinya menjadi artikel atau buku.

Baiklah, sudah curhatnya.

Selama lebih dari delapan tahun saya menjadi editor dan telah membidani lahirnya puluhan buku best seller, hukum itu masih saja berlaku: membuat judul buku bukan perkara yang mudah. Sering kali saya terpercik judulnya terlebih dahulu, baru saya buat konsep bukunya secara keseluruhan, kemudian baru saya cari penulis yang cocok untuk mengeksekusinya.

Yah, saya memang terlalu sering bersedekah ide buku, untuk kemudian dieksekusi penulisannya oleh penulis lain, padahal sebenarnya saya juga bisa menulisnya sendiri. Akan tetapi, ada kenikmatan sendiri ketika membantu para penulis—terlebih lagi para penulis yang baru membuat buku pertamanya—untuk kemudian menjadi rekan diskusi dan membantunya membuat buku yang keren.

Beberapa buku best seller yang lahir dari rahim ide saya, yang judulnya terlahir lebih dahulu daripada isinya beberapa di antaranya adalah: 101 Young CEO, Emperpreneur: From Emperan to Empire, Sejenak Hening, 101 Strategi Sukses Berbisnis Kuliner, Spritual Creativepreneur, dan masih banyak lagi. Bisa dicek di Gramedia. Ada nama saya sebagai editor, dan silakan dicek juga berapa kali buku-buku itu sudah cetak ulang.

Akan tetapi, sering pula naskah-naskah yang sudah jadi, saya rombak habis-habisan judul bukunya. Nah, membuat judul artikel pun bukan perkara mudah. Apalagi di ranah digital, di mana kita mudah sekali untuk beralih. Bila kita tak suka dengan blog atau website berita tertentu, kita akan mudah menekan tombol X di pojok, dan beralih ke website ataupun blog yang lain.

Maka, sebisa mungkin, membuat judul yang menarik, unik, dan membuat pembaca geregetan untuk segera mengkliknya adalah tantangan tersendiri. Dan memang, ada beberapa strategi yang bisa digunakan, selain menggunakan teknik angka, seperti 7 Keajaiban Sedekah, 16 Strategi Jago Bisnis, dan judul semisalnya. Intinya, membuat judul penarik perhatian memang menggunakan angka. Akan tetapi, kita tak selamanya bisa menggunakan teknik itu, kan?

Jadi, ada beberapa alternatif teknik lain dari saya, yang telah saya bagi menjadi lima kategori teknik.

1 – Teknik Bagaimana Caranya

Banyak hal yang ingin orang ketahui. Dan bila kita membuat tulisan yang berisikan petunjuk, cara, ataupun tutorial, maka tak ada yang lebih baik selain menghadirkan judul yang mengajak pembaca untuk mengulik lebih dalam.

  • Lima Kebiasaan di Pagi Hari yang Akan Membuatmu Menjadi Jutawan
  • Bagaimana Cara Menggandakan Keuntungan dengan Tiga Jurus Rahasia Ini
  • Strategi Membayar Lunas KPR-an Rumahmu Hanya dalam 6 Bulan Terkuak di Sini!

2 – Teknik Kisah

Tonjoklah muka pembaca dengan judul bertema kisah yang membuat mereka penasaran dan ingin tahu lebih banyak kelanjutan kisah tersebut.

  • Setelah Berlatih Tiga Bulan, Anak Umur 10 Tahun Ini Bisa Bikin Robot!
  • Sembuh Total! Setelah Melawan Kanker Parah Tiga Tahun
  • Kecanduan Rokoknya Menjadikannya Pesakitan, Tetapi Kebiasaannya Sedekah Membuatnya Memiliki Harapan

3 – Teknik Tantangan Personal

Kalau kita bisa memosisikan tantangan kepada pembaca dengan cantik, seperti apa yang kita raih sekarang, atau yang orang lain yang sukses raih sekarang, maka kita akan mendapatkan atensi pembaca. Mengapa bisa begitu? Karena akan selalu ada banyak orang yang ingin mencapai posisi yang telah kita dapatkan, atau level kesuksesan dari orang-orang sukses yang telah ditapakinya, dan mereka ingin tahu bagaimana semua itu bisa terwujud. Masukkan sedikit pamer personal di judul tak apa-apa. Orang-orang senang dengan hal yang jujur dan orisinil, kan?

  • Kamu Mau Berpenghasilan 10 Juta Per Bulan Seperti Saya? Hanya 10 Hal Ini yang Perlu Kamu Lakukan
  • Membiasakan Lari Pagi 30 Menit Setiap Hari, Akan Sesegar dan Sesehat Lelaki Ini

4 – Teknik Emosional

Teknik ini akan mendatangkan perasan kaget, terkejut, terenyuh, membuat pembaca teriak, “Ini dia yang gue cari!” dan emosi seru lainnya. Pendekatan ini akan membuat mereka tak tahan untuk membaca isinya. Berikan sedikit bonus untuk membuat mereka meleleh. Semacam memberikan diskon ke ibu-ibu yang sedang ke mall, lah.

  • Mengapa Khasiat Baik Terong Ini Tak Pernah Dibeberkan kepada Anda
  • Membuat Anak Menghafal Juz Amma dalam Waktu Sebulan (Plus Bonus Kertas Kerja)

5 – Tenik Tertarget

Dengan memiliki target yang jelas, akan membantu kita untuk meraih pembaca khusus. Target ini boleh kisaran usia, profesi, kelompok tertentu, dan yang lainnya, sesuai dengan tema yang sedang kita angkat.

  • Kamu Sudah Berpikir Tentang Kesejahteraaan Masa Pensiun Tetapi Bingung Mulai dari Mana? Ini Solusinya
  • Kalau Kamu Mulai Merancang Pendidikan untuk Anakmu, Kamu Akan Suka dengan Tips Ini
  • Ingin Mendapatkan Pekerjaan Baru yang Sesuai dengan Passion-Mu? Coba Baca Apa yang Seharusnya Tidak Kamu Lakukan Berikut Ini

Teknik membuat judul yang menyedot perhatian pembaca terus berkembang. Kelima hal yang saya sampaikan ini hanyalah dasarnya saja. Akan tetapi, ini bisa menjadi dasar yang kuat untuk membuat kualitas kontenmu memiliki level yang lebih jauh lagi dan bisa mendatangkan traffic atau pembaca loyal yang lebih banyak. Jangan lupa selain judul yang cantik, pastikan kualitas kontenmu secara keseluruhan, ya. Tanpa kualitas, website atau blogmu tak akan pernah diingat pembaca potensialmu.

Selamat mempraktikkan!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Teknik Menulis Judul yang Menyedot Perhatian". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fachmy Casofa | @fachmycasofa

Managing Editor Virala.id. Writer of best seller national book, Habibie Tak Boleh Lelah dan Kalah!, Founder Satria Foundation and Epixplay Karya Indonesia | www.fachmycasofa.com or fachmycasofa@gmail.com for more creative collaboration.

Silahkan login untuk memberi komentar