5 Tanda Kamu Harus Mempertimbangkan untuk Resign

Kerja

Photo Credit: Youqueen

4.8K
"Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life." - Confucius. Mungkin kamu pernah mendengar kutipan ini. Akan tetapi, bagaimana jika kamu kurang mencintai pekerjaanmu hingga merasa terpaksa berangkat ke kantor setiap harinya?

Bekerja untuk sebuah perusahaan tak jauh berbeda dengan ketika kamu menjalin hubungan asmara. Ketika kamu merasa nyaman, kamu akan senang melakukan hal apa pun bersamanya. Akan tetapi, bila kamu merasa tidak ada lagi yang perlu dipertahankan, kamu akan mencari-cari alasan untuk memutuskan hubungan itu.

Sama halnya dengan bekerja, jika kamu sudah mulai tidak cocok, bahkan sampai membenci pekerjaanmu, mungkin sudah waktunya kamu berpikir untuk resign. Saat kamu sudah kehilangan motivasi untuk bekerja, ada baiknya kamu mencari pekerjaan lain daripada menghabiskan waktu untuk mengeluh.

Apa saja gejala kamu stres terhadap pekerjaan yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk resign?

Bekerja Tanpa Hati

Photo Credit: Marie Claire

Pekerjaan ideal adalah pekerjaan yang membuat kamu senang tiap kali kamu mengerjakannya. Memang tidak banyak orang yang bisa mendapatkan hal itu. Hanya saja, bila kamu merasa pekerjaan yang kamu lakukan semakin berat, atau justru membosankan; coba tanyakan pada dirimu sendiri alasan apa yang membuatmu bertahan?

Gaji di Bawah Standar

Photo Credit: LinkedIn

Ketika kamu baru lulus kuliah, kamu cenderung menerima pekerjaan dengan gaji berapapun selama gaji tersebut mencukupi kebutuhan hidupmu. Seiring berjalannya waktu, kamu berharap gajimu akan meningkat. Kamu pun bekerja sangat baik dan mampu memenuhi ekspektasi perusahaan. Akan tetapi, gajimu masih tetap di bawah standar. Periksa kembali kisaran gaji yang harusnya kamu terima. Jika kamu bisa menegosiasikan hal ini, itu artinya perusahaan menghargai keberadaan dan karyamu.

Perusahaan Tidak Sehat

Kamu tahu bahwa perusahaan tempatmu bekerja sedang terlilit hutang dan terancam bangkrut. PHK dilakukan secara besar-besaran. Mereka pun menunggak gajimu! Tak perlu menunggu waktu lama, segera ajukan pengunduran diri daripada kamu dimanfaatkan oleh perusahaan tersebut.

Makan Gaji Buta

Photo Credit: She Knows

Ketika kamu bekerja dengan hati, kamu akan menerima setiap tantangan dengan suka cita. Sayangnya, keseharianmu di kantor lebih banyak dipenuhi dengan bergosip atau browsing. Kamu patut mempertanyakan kontribusimu pada perusahaan tersebut. Jika kamu jarang diberi tugas yang sesuai dengan keahlianmu dan hal ini sudah berlangsung sekian lama, kamu harus mempertimbangkan untuk resign. Bagaimanapun, kamu ingin berkarya di bidang yang kamu sukai dan mendapatkan apresiasi kan?

Mulai Mengecek Lowongan Kerja di Tempat Lain

Photo Credit: Jobs Ca Gov

Kamu mulai tergoda saat melihat pengumuman job fair, atau mengobrol dengan temanmu yang baru pindah kerja. Bahkan, kamu pun mulai sering mengecek lowongan kerja dan berencana untuk mengirimkan lamaran pekerjaan ke perusahaan lain. Ini menjadi tanda yang sudah jelas terlihat. Sebenarnya, hatimu tahu bahwa kamu ingin segera keluar dari perusahaan tempatmu bekerja saat ini. Kalau memang ingin mencari yang lebih baik dan sesuai passion, buka mata lebar-lebar dan pikirkan berbagai kesempatan yang datang dengan baik-baik.

Jika kamu mengalami tanda-tanda diatas, coba konsultasikan dengan orang terdekatmu. Meskipun kamu sudah bertekad untuk resign, kamu tetap perlu mempertimbangkan baik-buruknya, dan menabung untuk biaya hidupmu selama masa transisi ke pekerjaan berikutnya.

*Konten ini hasil kerja sama dengan SISTERNET.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Tanda Kamu Harus Mempertimbangkan untuk Resign ". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Virala | @virala

Markasnya biang kreatif Indonesia

Silahkan login untuk memberi komentar