11 Soundtrack Film Indonesia Terbaik Versi Virala

Hiburan

27.2K
"Musik adalah interaksi. Dengan siapa kita berkarya dan untuk siapa kita berkarya." - Chrisye

Kalau kamu penggemar film-film Indonesia, kamu pasti tahu ada beberapa soundtrack yang nempel banget di ingatan. Sampai beberapa tahun lewat dari rilis filmnya, lagunya masih terngiang di benakmu. Mungkin juga, hal ini dikarenakan soundtrack film ini mengingatkanmu tentang kenangan dengan pacar, mantan, atau sahabat (termasuk karena kalian nonton bareng).

Soundtrack film merupakan salah satu komponen paling penting dari sebuah film. Soalnya nih, penonton akan ikut merasa ‘masuk’ ke dalam film itu lewat musik atau lagu yang mengiringi. Dalam rangka Hari Film Nasional, kita akan membahas beberapa soundtrack film Indonesia yang tak terlupakan.

1. Cinta Sejati – Bunga Citra Lestari

Photo via: vemale

Lagu yang menjadi soundtrack film Habibie & Ainun ini menggambarkan cerita filmnya yang sangat romantis. Sebagaimana filmnya, lagu ini menyadarkan kita bahwa cinta sejati bisa menembus ruang dan waktu. Mengikuti keberhasilan filmnya yang sukses membukukan empat juta penonton, lagu ini terpilih sebagai soundtrack favorit dalam ajang Indonesian Movie Awards 2013.

2. Ada Apa Dengan Cinta – Melly Goeslaw feat. Eric

Lagu yang menjadi soundtrack film yang berjudul sama, sangat melekat di benak para penonton. Banyak orang yang tidak asing lagi saat mendengar lagu Ada Apa Dengan Cinta. Ditambah lagi lirik-lirik dalam lagu ini sangat menggambarkan suasana dan karakter tokoh di film tersebut. Kepiawaian Melly dalam menciptakan lagu berhasil menobatkan dirinya sebagai Queen of Movie Music.

3. Perahu Kertas – Maudy Ayunda

Lagu yang dinyanyikan oleh pemeran utama wanita dalam film berjudul sama ini, berhasil masuk ke dalam nominasi AMI Award untuk Karya Produksi Original Soundtrack Film Terbaik. Lagu ini sesuai dengan kisah yang terjadi dalam film Perahu Kertas. Didukung dengan suara merdu Maudy Ayunda, rasanya kita jadi ingin ikut melantunkan, “Ku bahagia kau telah terlahir di dunia, dan kau ada di antara milyaran manusia”

4. Ayat-Ayat Cinta – Rossa

Photo via: wikipedia

Mendengar lagu ini bisa membawa kita merasakan suasana gurun pasir di Mesir. Pembawaan Rossa dalam menyanyikan lagu ini sangat pas dengan kisah dalam film karya Hanung Bramantyo hasil adaptasi dari sebuah novel best seller karya Habiburrahman El Shirazy. Lagu Ayat-Ayat Cinta ini diciptakan oleh Melly Goeslaw, semakin menguatkan imej Melly sebagai Ratu Soundtrack Film Indonesia.

5. Laskar Pelangi – Nidji

Photo via: wikipedia

Lagu berirama ceria ini bisa jadi salah satu soundtrack di hari Seninmu. Energi positif dari lagu yang menceritakan tentang mimpi pasti bisa bikin kamu makin bersemangat. Dengerin aja liriknya:

“Mimpi adalah kunci untuk kita menakhlukan dunia,

berlarilah tanpa lelah sampai engkau meraihnya”

6. Di Atas Awan – Nidji

Photo via: wikipedia

Grup band Nidji cukup sering membuat karya untuk mendukung perfilman nasional. Salah satunya, lagu Di Atas Awan yang jadi soundtrack film 5 cm ini. Dalam lagu ini liriknya sebagian besar berisi sesuai dengan film 5 cm yang berkisah tentang persahabatan, cinta, dan impian. Lagu garapan Nidji ini berisi kalimat-kalimat yang membuat kita tidak takut untuk bermimpi dan optimis mewujudkannya.

7. Sementara Sendiri – Geisha

Photo via: radiospfm.com

Lagu yang familiar di kalangan para remaja ini adalah soundtrack dari film Single yang disutradarai dan diperankan oleh Raditya Dika. Meski film Single merupakan drama komedi, tapi saat dipadukan dengan lagu milik Geisha ini akan membuat suasana menjadi galau banget. Kalau dengar lagu ini, siap-siap untuk baper. Judulnya juga memberikan kita motivasi, bahwa kita tidak akan selamanya sendiri!

8. Filosofi dan Logika – Glenn Fredly feat. Monitha & Is ‘Payung Teduh’

Photo via: kawankumagz.com

Buat kamu penggemar kopi atau Dewi Lestari, mungkin film Filosofi Kopi adalah salah satu film Indonesia favoritmu. Dalam film tersebut, kebanyakan soundtrack-nya dinyanyikan oleh Glenn Fredly, termasuk lagu Filosofi dan Logika yang romantis banget.

9. Nyali Terakhir – Julie Estelle

Sambil menyelam, minum air. Barangkali demikian peribahasa yang cocok untuk Julie Estelle. Selain memerankan Larasati dalam film Surat dari Praha, ini juga menjadi pengalaman pertama menyanyi bagi Julie. Tapi boleh dong kita sepakat, she’s doing well with singing!

Meski awalnya dia sempat ragu saat diminta membawakan lagu ini, mungkin sekarang Julie Estelle akan mempertimbangkan untuk ganti profesi?

10. Garuda di Dadaku – Netral

Photo via: wikipedia

Lagu ini bisa dibilang ‘Indonesia banget’. Dari mulai genre-nya yaitu rock alternative, hingga kata-katanya yang bisa banget untuk dikumandangkan saat mendukung timnas sepak bola Indonesia. Mendengarkan lagu ini saja sudah membuat kita merasa bangga sebagai orang Indonesia.

11. My Heart – Acha Septriasa dan Irwansyah

My Heart adalah karya Melly Goeslaw yang dinyanyikan secara duet oleh pasangan Acha Septriasa dan Irwansyah untuk sebuah film berjudul Heart. Kualitas vokal Acha dan Irwansyah memang tidak sematang penyanyi solo lainnya, namun Melly berhasil membuat musik ini begitu pas dinyanyikan oleh mereka berdua. Liriknya yang merupakan kombinasi bahasa Indonesia dan Inggris ini, sangat menyentuh dan bisa bikin kita menerawang sendiri. Tidak heran kalau lagu ini menang di Indonesian Movie Award 2007.

Nah, itulah soundtrack-soundtrack film Indonesia terbaik versi Virala. Jika kalian memiliki rekomendasi lagu yang lain, boleh banget share ke kita. Bangga film Indonesia. Maju terus perfilman Indonesia!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "11 Soundtrack Film Indonesia Terbaik Versi Virala". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rika Novita | @rikahnh

A girl who loves to listen to music, love the word, and has a priority.

Silahkan login untuk memberi komentar